PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN EKOLITERASI PESERTA DIDIK KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.46918/bn.v7i2.2438Kata Kunci:
Berfikir kritis, ekoliterasi, problem based learning, socio scientific issueAbstrak
AbstrakPenelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berpikir kritis dan ekoliterasi peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issue , mengetahui kemampuan berpikir kritis dan ekoliterasi peserta didik yang diajar dengan model konvensional, mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issue terhadap kemampuan kritis berpikir peserta didik kelas X, dan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issue terhadap ekoliterasi peserta didik kelas X. Jenis penelitian ini merupakan quasy eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X sebanyak 81 orang. Sampel diambil secara purposive, dengan kelas eksperimen (X1) dan kelas kontrol (X2) masing-masing berjumlah 25 peserta didik. Instrumen penelitian terdiri dari 8 soal esai dan 20 angket. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan uji statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan ekoliterasi peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peserta didik pada kelas kontrol. Hasil tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari model Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issue terhadap kemampuan berpikir kritis dan ekoliterasi.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan koliterasi siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issue, untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan koliterasi siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional, untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issue terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 81 siswa. Sampel diambil secara purposive, dengan kelas eksperimen (X1) dan kelas kontrol (X2) yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari 8 soal essay dan 20 angket. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan uji statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan ekoliterasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issue terhadap keterampilan berpikir kritis dan ekoliterasi .
Kata kunci : : berpikir kritis,ekoliterasi, pembelajaran berbasis masalah , isu sosiosains
Referensi
Azwar, S. (1999). Penyusunan Skala Psikologis (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Hadi, I., & Lestari, P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1), 33–41. https://journal.ummat.ac.id/journals/6/articles/14680/submission/review/14680-47847-1-RV.
Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22, 65–71. http://journal.uny.ac.id.
Mhd. Syahdan lubis. (2021). Belajar dan Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan. Jurnal Literasiologi, 5(2), 6. https://doi.org/https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i2.222
Minin, A., & Fauziah, H. N. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem-based Learning Berbasis Socioscientific terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 195–204. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i2.865
Neni Rohaeni. (2023). Model Kepemimpinan Transformasi Cisma Bagi Kepala Sekolah. Indonesia Emas Group.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id//index.php/alurwatul
Syahidah, A., Isnaini, I., Muhammad, Laksono, J., Pandu, & Fatah Palembang, R. (2021). Instrument Two-Tier Multiple Choice Pada Materi Termokimia Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Al’ilmi, 10(1), 13–20. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/alilm
Utomo, A. P., Sunarti, I., & Nurul Fadilah, D. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 16(01), 15–25. https://doi.org/10.25134/equi.v16i01.2014
Wulandari, N., & Solihin, H. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Untuk Meningkatkan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015, 2015(Snips), 437–440.