PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI FUNGI
Abstract
Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar biologi materi fungi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Selayar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA sebanyak 3 kelas dengan jumlah 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 2 sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling. Instrumen untuk pengumpulan data pada penelitian berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 30 butir soal pretest-posttest yang sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test. Dimana diperoleh nilai signifikan hasil belajar siswa diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning pada hasil belajar biologi siswa materi fungi di kelas X SMA Negeri 2 Selayar.
References
Ariana. D., Situmorang. R. P. & Krave. A. S. 2020. Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa. 11 (1): 34- 46.
Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Biologi Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi.
Fitriyah, Murtadlo.A. & Warti. R. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Man Model Kota Jambi. Jurnal pelangi. 9 (2): 108-112.
Halimah, L. 2017. Efektivitas Pembelajaran Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Antologi UPI, 5 (1):35–43.
Ikalor, A., Jamaluddin, & Rasmi, D. A. C. 2019. Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 1(2): 153–161.
Khofiyah.H. N., Santoso.A. & Akbar.S. 2019. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 4(1): 61—67
Patrianingsih, E. A., & Kaseng, E. S. 2016. Model Pembelajaran Discovery Learning , Pemahaman Konsep Biologi, dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani.
Putrayasa, M. Syahruddin, H. & Margunayasa, G. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal mimbar pgsd Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. 2 (1): 20-30
Yerimadesi, Putra. A, Ririanti. 2017. Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). Volume 1 | (1):1-13.
Rismawati. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Kelas VII di MTsN 1 Maros Baru. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Maros.
Rosdiana, Boleng, D. T., & Susilo. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Efektivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 2(8), 1060–1064.
Supriyanto, B. 2014. Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkaran. Jurnal Unej. 3 (2): 165-174.
Susanti. E., Jamhari. M. & Suleman. M. S. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Tentang IPA SMP Advent Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 5 (3): 36-41
Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Trianingsih. A, Husna, N. & Prihatiningtyas, N, C. 2019. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA. Variabel. 2 (1): 1-8.
Yaumi, Wisanti, & Admoko, S. 2017. Penerapan Perangkat Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII. E-Journal Pensa. 5 (1): 38 – 45.
Patandung, Y. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology. Journal of Educational Science and Technology. 3 (1): 9- 17