PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI FUNGI

  • Nur Anisa Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Anisa Anisa Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Irmawanty Irmawanty Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: discovery learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar biologi materi fungi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Selayar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA sebanyak 3 kelas dengan jumlah 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 2 sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling. Instrumen untuk pengumpulan data pada penelitian berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 30 butir soal pretest-posttest yang sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test. Dimana diperoleh nilai signifikan hasil belajar siswa diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning pada hasil belajar biologi siswa materi fungi di  kelas X SMA Negeri 2 Selayar.

References

Ahmadi, R. 2014. Pengantar Pendidikan : Asas & Filsafat Pendidikan (I; Rose KR, Ed.). Yogyakarta.

Ariana. D., Situmorang. R. P. & Krave. A. S. 2020. Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa. 11 (1): 34- 46.

Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Biologi Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi.

Fitriyah, Murtadlo.A. & Warti. R. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Man Model Kota Jambi. Jurnal pelangi. 9 (2): 108-112.

Halimah, L. 2017. Efektivitas Pembelajaran Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Antologi UPI, 5 (1):35–43.

Ikalor, A., Jamaluddin, & Rasmi, D. A. C. 2019. Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 1(2): 153–161.

Khofiyah.H. N., Santoso.A. & Akbar.S. 2019. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 4(1): 61—67

Patrianingsih, E. A., & Kaseng, E. S. 2016. Model Pembelajaran Discovery Learning , Pemahaman Konsep Biologi, dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani.

Putrayasa, M. Syahruddin, H. & Margunayasa, G. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal mimbar pgsd Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. 2 (1): 20-30

Yerimadesi, Putra. A, Ririanti. 2017. Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). Volume 1 | (1):1-13.

Rismawati. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Kelas VII di MTsN 1 Maros Baru. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Maros.

Rosdiana, Boleng, D. T., & Susilo. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Efektivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 2(8), 1060–1064.

Supriyanto, B. 2014. Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkaran. Jurnal Unej. 3 (2): 165-174.

Susanti. E., Jamhari. M. & Suleman. M. S. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Tentang IPA SMP Advent Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 5 (3): 36-41

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Trianingsih. A, Husna, N. & Prihatiningtyas, N, C. 2019. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA. Variabel. 2 (1): 1-8.

Yaumi, Wisanti, & Admoko, S. 2017. Penerapan Perangkat Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII. E-Journal Pensa. 5 (1): 38 – 45.

Patandung, Y. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology. Journal of Educational Science and Technology. 3 (1): 9- 17
Published
2021-03-31
How to Cite
Anisa, N., Anisa, A., & Irmawanty, I. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI FUNGI. Binomial, 4(1), 26-37. https://doi.org/10.46918/bn.v4i1.843