HUBUNGAN PEMANFAATAN LABORATORIUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 8 MAROS DAN SMAN 4 MAROS 2017/2018

  • Wiwin Pramita Arif Universitas Islam Negeri Makassar
Keywords: analisis, pemanfaatan laboratorium, prestasi belajar biologi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan pemanfaatan laboratorium terhadap prestasi belajar biologi peserta didik pada SMA Negeri 8 Maros dan SMA Negeri 4 Maros. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik simple random sampling dan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 82 peserta didik, 41 siswa dari kelas XI SMA Negeri 8 Maros dan 41 siswa dari kelas XI SMA Negeri 4 Maros. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, kuesioner dan tes pilihan ganda sebanyak 45 soal. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data dengan menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,01 > ½ ɑ (0,025) maka Ho  dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat hubungan positif pemanfaatan laboratorium dengan prestasi belajar biologi peserta didik pada SMAN 8 Maros dan SMAN 4 Maros.

 

References

Algifari. 2004. Analisis Regresi Teori Kasus dan Solusi. Yogyakarta. BPFE – Yogyakarta.

Anggaraeni, Aprilianingtyas. 2013. Pengelolaan Laboratorium Biologi untuk Menunjang Kinerja Pengguna dan Pengelola Laboratorium Biologi SMA Negeri 2 Wonogiri. Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Biologi. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Apriliani, Enjang. 2014. Tinjauan Standarisasi Laboratorium Pembelajaran Biologi di SMA Negeri se- Kabupaten Pasaman Barat.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang. BP. UNDIP.

Hamdani A.D. & Ismakurnianty. 2008. Manajemen dan Tehnik Laboratorium. Yogakarta: Universitas Negeri Sunan Kalijaga.

Imroah. 2013. Pemanfaatan Laboratorium untuk Pembelajaran Biologi di MA Al-Asror Gunungpati Semarang. Memperoleh Gelar Sarjana. Semarang: Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Unibersitas Negeri Semarang.

Meillani. 2015. Pengaruh pemanfaatan laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar “mengimplementasikan dan memelihara sistem kearsipan” program keahlian administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Cepu tahun ajaran 2015/2016. Memperoleh gelar sarjana pendidikan. Semarang: Fakultas ekonomi Universitas Semarang.

Munandar. 2012. Pengetahuan laboratorium biologi. Diktat kuliah. Jember: prodi pendidikan biologi Jurusan pendidikan mipa Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas muhammadiyah jember.

Mustaji, 2009. Pengembangan berfikir kritis dan kreatif dalam bayer: Critical Thinking Social Education

Nasir. 2016. Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademik.

Nuryani,R. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Nyoman Kertiasa. 2006. Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya, Bandung: Pudak Scientific.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/TRs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Diunduh di http://akhmadsudrajat.fileswordpress.com/2009/04/Permen-no-24standarna .pdfhtml.tanggal 3 Januari 2018

Rustaman, N.; Dirdjosoemarto, S.; Yudianto, S. A.; Achmad, Y.; Subekti, R.; Rochintaniawati, D. & Nurjhani, M. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung : Jur. Pend. Biologi FMIPA UPI.

Saleh H. Emha. (2006). Pedoman Penggunaan Laboratorium Sekolah.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sapriati, A. 2006. Pengembangan Instrumen Penelitian Fotosintesis. Jurnal Pendidikan. 7(1): 1-10.

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. 2011. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Sarosa Purwadi dan R. L. Tobing M. (1981). Pengelolaan Laboratorium IPA. Bandung: Depdikbud.

Sudjana.2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kunatitatif, Kualitatif dan R & D Bandung: Alfabeta.

Sobiroh, Arbain. 2006. Pemanfaatan Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas 2 SMA Se-Kabupaten Banjarnegara Semester 1 Tahun 2004/2005. Memperoleh gelar sarjana. Semarang: Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam

Tejosusiratmoko. 2016. Panduan Pengelolaan Lab dan Penilaian Teknisi Serta Laboran.https://www.slideshare.net/tejosusiratmoko/panduanpengelolaan-lab-dan-peniaian-teknisi-serta-laboran. Diunduh 2 Januari 2018.

Tim Ganesha Operation. 2014. Pasti Bisa Biologi untuk Sekolah Menengah Atas. Penerbit Duta.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta Bumi Aksara.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

Wahyuningrum. 2015. Pengaruh fasilitas belajar disekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas V sekolah Dasar Dabin IV kecamatan Pituruh kabupaten Purworejo. memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Semarang: Fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Wirasasmita, Omang. 1989. Pengantar Laboratorium Fisika. Jakarta: Depdikbud Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Published
2019-05-14
How to Cite
Arif, W. (2019). HUBUNGAN PEMANFAATAN LABORATORIUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 8 MAROS DAN SMAN 4 MAROS 2017/2018. Jurnal Binomial, 2(1), 86-107. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/187