PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 9 PONTIANAK

Authors

  • Dhea Rahmayani Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.46918/karst.v6i2.1825

Keywords:

Means Ends Analysis (MEA), Kemampuan Pemecahan Masalah, Usaha dan Energi

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh strategi Means Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi usaha dan energi. Metode penelitian ini adalah pre eksperimen design (one group pretest-posttest design) dengan sampel 31 orang peserta didik kelas X IPA 3 SMAN 9 Pontianak yang diambil dengan teknik cluster random sampling.  Instrumen penelitian terdiri dari 5 soal essay. Berdasarkan analisis data, kemampuan pemecahan masalah pada pretest diperoleh skor sebesar 48,94 berada pada kategori rendah dan posttest diperoleh skor sebesar 79,10 pada kategori tinggi. Meningkat pada kategori sedang dengan skor N-Gain 0,6. Uji Paired Sample t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah setelah diterapkan strategi Means Ends Analysis (MEA) pada materi usaha dan energi. Keefektifan strategi MEA dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dikategorikan efektif dengan harga effect size sebesar 0,3 (kategori sedang). Hasil Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik dengan menggunakan strategi pemecahan masalah Means Ends Analysis (MEA).

References

Aspiandi, H., R, Z., & Nursangji, A. (2020). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Di SMP. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untan, 1–8.
Aunuhrahman. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Alfabeta.
Awaliyah, Fista. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA Materi Trigonometri dalam Pembelajaran Model Auditori Intellectually Repetition (AIR).
Fatmala, R. R., Sariningsih, R., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.192
Hamda. (2016). Berpikir Konseptual Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dan Implikasinya Dalam Kehidupan Nyata. Prosiding Seminar Nasional, 2 (1).
Handayani, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1 (3).
Hendriana, H., Rohaeti, EE., dan Sumarno, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT RefikaAditama.
Helmon, A., & Sennen, E. (2020). Pembelajaranmatematika Melalui Pemecahan Masalah: Urgensi Dan Penerapannya. Jipd) Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 51–56. Http://Unikastpaulus.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Jipd
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Irwandani. (2014). Multi Representasi Sebagai Alternatif Pembelajaran Dalam Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3 (1).
Khotimah, N. H., Khoirunnisa, A., & Bilda, D. W. (2020). Pengaruh Self Efficacy Siswa Smp Terhadap Pemecahan Masalah Pada Materi Aritmetika Sosial. In Edisi?: Jurnal Edukasi Dan Sains (Vol. 2, Issue 2). Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Edisi
Magdalena, T., & Surya, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Spldv Pada Kelas X Sma.
Newell, A, H, S. (1961). Gps, A Program That Simulates Human Thought. Rand Corporation.
Patriot, E.A. (2019). Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi Melalui Penerapan Pembelajaran Konseptual Interaktif. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6 (2), 152-258.
Permana, S. G. (2023). Efektivitas Model Means Ends Analysis (Mea) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp: (The Effectiveness Of The Means Ends Analysis (Mea) Model On The Mathematical Problem-Solving Ability Of Junior High School Students). Journal Of Research In Science And Mathematics Education (J-Rsme), 2(1), 36–48. Https://Doi.Org/10.56855/Jrsme.V2i1.6
Permatasari, N. Y., Jauhariyah, N. R., Rohmah, S. N., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., Surabaya, U. N., & 60231, S. (2019). Seminar Nasional Fisika (Snf) 2019 Penerapan Strategi Means Ends Analysis (Mea) Untuk Meningkatkan Problem Solving Siswa.
Pimta, S. (2009). “Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability Of Sixth Grade Students”. Journal Of Social Science, 5.
Polya, G. (1973). Reviewed Work: How To Solve It A New Aspect Of Matemathical Method. The Matematical Gazzete.
Rizal, S Dan Melinda. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaranmeans Ends Analysisterhadap Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematikavol. 13(1), 1-4. Https:// Doi: 10.23969/Pjme.V13i1.7368
Sahrudin, A. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(1).

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 9 PONTIANAK. (2023). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 6(2), 70-79. https://doi.org/10.46918/karst.v6i2.1825