EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN REALIA BERWAWASAN LINGKUNGAN PADA PELAJARAN FISIKA MATERI TERMODINAMIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA DI JEMBER

  • I Ketut Mahardika Universitas Jember
  • Subiki . Universitas Jember
  • Melisa Putri Febriyanti Universitas Jember
  • Ratna Sary Anindy Universitas Jember
  • Evie Rahmawati Universitas Jember
  • Jazilatul Mufida Universitas Jember
Keywords: Media pembelajaran realia, hasil belajar, termodinamika, penelitian eksperimen

Abstract

Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Realia Berwawasan Lingkungan Pada Pelajaran Fisika Materi Termodinamika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA di Jember. Media Pembelajaran realia adalalah ajaran media pembelajaran nyata keadaan belajar dikelas bertujuan kegiatan observasi. Dalam penelitian yaitu penelitian bersifat eksperimen yang memanfaatkan media realia berwawasan lingkungan pada materi termodinamika untuk mengetahui tingkat kelebihan tingkat berhasilan belajar sisw pada kelas XI  SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun ajaran 2021/2022 . Sampel yang dituju siswa kelas XI IPA 1 untuk kelas kontrol dan XI IPA 3 untuk kegiatan kelas eksprimen yang berjumlah sama-sama 32 orang. Teknik dalam pengumpulan data dengan perolehan hasil dari tes pilihan ganda. Teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial merupakan cara analisa data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 20. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,037 (< 0,05), sehingga dapat disimpulkan, bahwa pelaksaan media pembelajaran realia berwawasan lingkungan pada materi termodinamika efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022.

Published
2022-06-17
How to Cite
Mahardika, I. K., ., S., Febriyanti, M., Anindy, R. S., Rahmawati, E., & Mufida, J. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN REALIA BERWAWASAN LINGKUNGAN PADA PELAJARAN FISIKA MATERI TERMODINAMIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA DI JEMBER. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 5(1), 13-20. https://doi.org/10.46918/karst.v5i1.1310