PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN APLIKASI PHYPHOX TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA DI SMA

Authors

  • Sahlan Sahlan IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Widodo Widodo Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Ishafit Ishafit Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1142

Keywords:

experiential learning, motivation, phyphox

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model experiential learning berbantuan aplikasi phyphox dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model experiential learning tanpa bantuan aplikasi phyphox terhadap motivasi belajar. Penenlitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan true experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah pre test-post test control group design didalamnya terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji menggunakan One-Way Anova berbantuan SPSS. 25, diperoleh nilai signifikan 0,008 < 0,05 (nilai Fhitung > Ftabel ; 7,708 > 4,24). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model experiential learning berbantuan aplikasi phyphox dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model experiential learning tanpa bantuan aplikasi phyphox.

Downloads

Published

2021-12-19

How to Cite

PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN APLIKASI PHYPHOX TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA DI SMA. (2021). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 4(2), 76-82. https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1142