ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN PROGRAM TINDAK LANJUT EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MAN 2 SOPPENG

Authors

  • Marsiana Marsiana Pendidikan Fisika
  • Suhardiman Suhardiman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Usman Usman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Fitriani Kadir Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1119

Keywords:

HOTS, Soal HOTS, pengayaan, remedial,

Abstract

GAbstrak: Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Program
Tindak Lanjut Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 2
Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang akan menganalisis
kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam menyelesaikan soal
Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan tindak lanjut evaluasi hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan berpikir tingkat tinggi
peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Soppeng; (2) Bentuk tindak lanjut evaluasi
hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Soppeng. peserta didik masih
tergolong rendah. Dimana dalam hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil tes
kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kelas XI IPA bahwa 95% remedial
dengan jumlah peserta didik 39 orang. Sedangkan 5 % peserta didik lainnya telah
lulus atau memenuhi standar yang nilainya lebih dari KKM. Bentuk tindak lanjut
pengayaan dan remedial yang diberikan kepada peserta didik bervariasi
tergantung dari indikator yang belum dituntasi oleh peserta didik. 2 peserta didik
yang diberikan tindak lanjut pengayaan dan 39 peserta didik lainnya diberikan
tindak lanjut remedial.Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi
tentang kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi
Termodinamika dan Gelombang untuk SMA serta dapat menjadi referensi guna
melakukan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.

Downloads

Published

2021-12-19

How to Cite

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN PROGRAM TINDAK LANJUT EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MAN 2 SOPPENG. (2021). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 4(2), 62-75. https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1119