ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN PROGRAM TINDAK LANJUT EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MAN 2 SOPPENG
DOI:
https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1119Keywords:
HOTS, Soal HOTS, pengayaan, remedial,Abstract
GAbstrak: Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Program
Tindak Lanjut Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 2
Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang akan menganalisis
kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam menyelesaikan soal
Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan tindak lanjut evaluasi hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan berpikir tingkat tinggi
peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Soppeng; (2) Bentuk tindak lanjut evaluasi
hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Soppeng. peserta didik masih
tergolong rendah. Dimana dalam hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil tes
kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kelas XI IPA bahwa 95% remedial
dengan jumlah peserta didik 39 orang. Sedangkan 5 % peserta didik lainnya telah
lulus atau memenuhi standar yang nilainya lebih dari KKM. Bentuk tindak lanjut
pengayaan dan remedial yang diberikan kepada peserta didik bervariasi
tergantung dari indikator yang belum dituntasi oleh peserta didik. 2 peserta didik
yang diberikan tindak lanjut pengayaan dan 39 peserta didik lainnya diberikan
tindak lanjut remedial.Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi
tentang kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi
Termodinamika dan Gelombang untuk SMA serta dapat menjadi referensi guna
melakukan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.