OPTIMALISASI E-LEARNING MADRASAH: PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI

Authors

  • Yeni Marlina Suci Astuti Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta Pusat

DOI:

https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1092

Keywords:

E-learning, Hasil Belajar, Motivasi, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Dampak Pandemi Covid-19 mendorong adaptasi proses pembelajaran dengan moda daring. Namun, di antara banyak manfaat dari penggunaan aneka platform media daring,  itu masih menyisakan pekerjaan rumah, antara lain bagaimana motivasi, partisipasi, dan hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui optimalisasi E-Learning Madrasah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) mencakup 2 siklus. Subjek penelitian terdiri dari 18 orang peserta didik Program Studi 1PA kelas X MIPA 4 di MAN 3 Jakarta Pusat.Instrumen penelitian berupa angket motivasi, lembar observasi, soal tes hasil belajar, dan lembar catatan anekdotal. Data penelitian dianalisis denganteknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pola peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dari siklus 1 dan siklus 2: motivasi belajar pada siklus I sebesar 79% dan siklus II sebesar 90%. Sementara itu,peningkatan hasil belajar peserta didik terjadi mulai dari pra tindakan sebesar 53,5 menjadi 79 pada siklus I dan 90,12 pada siklus II. Dengan demikian, optimalisasi E-Learning Madrasahdapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Sehingga, PTK ini dapat menjadi alternatif solusi dalam memecahkan persoalan motivasi dan hasil belajar peserta didik saat pembelajaran daring.

Downloads

Published

2021-12-21

How to Cite

OPTIMALISASI E-LEARNING MADRASAH: PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI. (2021). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 4(2), 83-90. https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1092