OPTIMALISASI E-LEARNING MADRASAH: PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI
DOI:
https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1092Keywords:
E-learning, Hasil Belajar, Motivasi, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Dampak Pandemi Covid-19 mendorong adaptasi proses pembelajaran dengan moda daring. Namun, di antara banyak manfaat dari penggunaan aneka platform media daring, itu masih menyisakan pekerjaan rumah, antara lain bagaimana motivasi, partisipasi, dan hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui optimalisasi E-Learning Madrasah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) mencakup 2 siklus. Subjek penelitian terdiri dari 18 orang peserta didik Program Studi 1PA kelas X MIPA 4 di MAN 3 Jakarta Pusat.Instrumen penelitian berupa angket motivasi, lembar observasi, soal tes hasil belajar, dan lembar catatan anekdotal. Data penelitian dianalisis denganteknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pola peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dari siklus 1 dan siklus 2: motivasi belajar pada siklus I sebesar 79% dan siklus II sebesar 90%. Sementara itu,peningkatan hasil belajar peserta didik terjadi mulai dari pra tindakan sebesar 53,5 menjadi 79 pada siklus I dan 90,12 pada siklus II. Dengan demikian, optimalisasi E-Learning Madrasahdapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Sehingga, PTK ini dapat menjadi alternatif solusi dalam memecahkan persoalan motivasi dan hasil belajar peserta didik saat pembelajaran daring.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.