PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 KUWUS GOLOWELU SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1065Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran fisika selama masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Kuwus. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan naturalistik dengan wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data penelitian. Subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru fisika, dan siswa kelas XI IPA tahun pelajaran 2021/2022. Objek penelitian pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 kuwus selama masa pandemi Covid-19.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kuwus, Pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kuwus, dilaksankan secara daring dan luring. Pembelajaran secara daring, tidak dilaksanakan sepenuhnya karena adanya kendala fasilitas yang menunjang pembelajaran daring. Pembelajaran secara luring dilaksanakan dengan menggunakan metode shift. Keaktifan belajar siswa pada pembelajaran fisika belum maksimal. Pembelajaran fisika selama pandemi Covid-19 ini, siswa kesulitan dalam ketersediaan fasilitas yang menunjang pembelajaran daring, kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, dan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan guru kesulitan dalam hal penyampaian materi dan untuk mengetahui motivasi dan minat belajar fisika siswa.Hasil belajar siswa kelas X tahun pelajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19 mencapai KKM.
Kata kunci: pembelajaran fisika, covid-19
Downloads
Published
Issue
Section
License
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.