PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 KUWUS GOLOWELU SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Florentina Andriani Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores
  • Aloisius Harso Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores
  • Ana Silfiani Rahmawati Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1065

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran fisika selama masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Kuwus. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan naturalistik dengan wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data penelitian. Subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru fisika, dan siswa kelas XI IPA tahun pelajaran 2021/2022. Objek penelitian pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 kuwus selama masa pandemi Covid-19.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kuwus, Pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kuwus, dilaksankan secara  daring dan luring. Pembelajaran secara daring, tidak dilaksanakan sepenuhnya karena adanya kendala fasilitas yang menunjang pembelajaran daring. Pembelajaran secara luring dilaksanakan dengan menggunakan metode shift. Keaktifan belajar siswa pada pembelajaran fisika belum maksimal. Pembelajaran fisika selama pandemi Covid-19 ini, siswa kesulitan  dalam ketersediaan fasilitas yang menunjang pembelajaran daring, kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, dan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan guru kesulitan dalam hal penyampaian materi dan untuk mengetahui motivasi dan minat belajar fisika siswa.Hasil belajar siswa  kelas X tahun pelajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19 mencapai KKM.

 

 Kata kunci: pembelajaran fisika, covid-19

Downloads

Published

2021-12-21

How to Cite

PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 KUWUS GOLOWELU SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. (2021). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 4(2), 91-99. https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1065