Motivasi Belajar: Dampak Komik Matematika Bernuansa Islami Berbantuan Instagram

  • Amiruddin Amiruddin Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Intan Lampung
  • Nanang Supriadi UIN Raden Intan Lampung
  • Suherman Suherman UIN Raden Intan Lampung
Keywords: Motivasi Belajar, Komik, Islami, Instagram

Abstract

Motivasi belajar dari peserta didik sangat berguna didalam proses pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi internet yaitu menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa komik matematika yang layak, menarik dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model penelitian Borg dan Gall yang telah diperbarui oleh Sugiyono. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII SMP Sentosa Bhakti Baturaja yang sedang menerima materi aritmatika sosial. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk komik matematika bernuasa islami berbantuan Instagram layak dan menarik serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

References

Arif Nugroho, A., Wahyu Yunian Putra, R., Ganda Putra, F., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 197–203.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233–242. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Diana, M., Netriwati, N., & Suri, F. I. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami dengan Pendekatan Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1906

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33–42. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103

Prasetyono, A. E., Amsia, T., & Sri Ekwandari, Y. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sejarah. PESAGI : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 3(6).

Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63

Saputro, A. D. (2015). Aplikasi Komik sebagai Media Pembelajaran. Muaddib, 05(ISSN 2088-3390), 01.

Setyawan, D., & Amir, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 11 Maros Baru. Equals, 3(2), 85–94. https://doi.org/10.46918/equals.v3i2.757

Siregar, N., Suherman, S., Masykur, R., & Ningtias, R. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.32665/james.v2i1.47

Soedarso, N. (2015). Komik : Karya Sastra Bergambar. Humaniora, 6(9), 496–506.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (27 ed.). ALFABETA.

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63–73.

Syazali, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Maple II Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 91–98.

Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi, 4(1), 47–52.

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388

Wahyuni, S., Yati, M., & Fadila, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis REACT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4542

Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan Media Komik Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Peserta Didik Smp. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24–35. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529

Published
2021-06-01
How to Cite
Amiruddin, A., Supriadi, N., & Suherman, S. (2021). Motivasi Belajar: Dampak Komik Matematika Bernuansa Islami Berbantuan Instagram. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 42-49. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.935
Section
Pendidikan Matematika