HUBUNGAN PENALARAN FORMAL DENGAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN MODEL MAKASSAR

  • Muh Syihab Ikbal UIN Alauddin Makassar
  • Muchlisah .
  • Mukti Ali
  • Endang Setianingsih
Keywords: penalaran formal, pemahaman konsep fisika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penalaran formal dan pemahaman konsep fisika peserta didik serta hubungan antara keduanya. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi tunggal. Populasi penelitian berjumlah 400 orang. Sampel berjumlah 210 orang yang dipilih dengan teknik purporsionate random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran formal peserta didik berada pada level sedang dan pemahaman konsep fisika peserta didik berada pada level sedang. Kedua variabel memiliki kekuatan hubungan yang berlevel sedang, dengan nilai koefisien korelasi r = 0,441. Hasil pengujian signifikansi menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel, yaitu 7,086>1,971, sehingga disimpulkan bahwa penalaran formal memiliki hubungan yang signifikan dengan pemahaman konsep peserta didik.

Published
2020-12-25
How to Cite
Ikbal, M., ., M., Ali, M., & Setianingsih, E. (2020). HUBUNGAN PENALARAN FORMAL DENGAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN MODEL MAKASSAR. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(2), 38-45. https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.729