http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/issue/feed Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA 2022-10-31T22:28:33+07:00 Syamsuriana Basri jurnalkarst@umma.ac.id Open Journal Systems <h3>Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya</h3> <div>Jurnal Karst merupakan &nbsp;media komunikasi bagi para Peneliti, Dosen, Guru, Praktisi dan Mahasiswa untuk menyampaikan hasil kajian dan diutamakan hasil penelitian pada bidang Pendidikan Fisika, Ilmu Fisika dan Fisika Terapan. Jurnal Karst diterbitkan oleh Program&nbsp; Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros. Diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain.</div> <div> <div>Diterbitkan oleh : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros<strong><em><br> e-ISSN :&nbsp;2655-1276 (online)<br> p-ISSN :&nbsp;2622-9641 (cetak)</em></strong></div> <div><strong><em>DOI :&nbsp;<a href="https://doi.org/10.46918/karts" target="_blank" rel="noopener">https://doi.org/10.46918/karts</a></em></strong></div> </div> <div>&nbsp;</div> <div><strong>Alamat Redaksi<br> </strong>Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros<br> Jl. Dr. Ratulangi No. 62 Maros Telp. (0411) 372161 Email: jurnalkarst@umma.ac.id</div> http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/1296 PENERAPAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA DIMASA PANDEMI COVID-19 2022-08-20T20:11:32+07:00 Ahmad Busyairi ahmad.busyairi@unram.ac.id Ni Nyoman Sri Putu Verawati veyra@unram.ac.id Hikmawati . hikmawati@unram.ac.id <p>The purpose of this study was to determine the effectiveness of the application of Flipped Classroom based on a multi-representation approach in improving student understanding of concepts during the COVID-19 pandemic. The research method used a pre-experiment with a one-group pretest-posttest design. The sample consisted of 28 students of the Mathematics education study program at the University of Mataram class of 2021/2022 who were taking Basic Physics courses. The results of the study showed that the flipped classroom strategy based on a multi-representation approach could improve students' understanding of concepts in the high category (&lt;g&gt; = 0.71). It can be concluded that the flipped classroom strategy based on a multi-representation approach is effective in improving students' understanding of physics concepts, especially the concept of motion kinematics.</p> 2022-06-16T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/1225 KARAKTERISTIK ARUS DAN TEGANGAN PADA DSSC: ELEKTRODA LAWAN PLATINA 2022-10-31T22:28:33+07:00 Anita Anita anitaummufaqih@gmail.com Boisandi Boisandi bsandi2021@gmail.com Syamsuriana Basri syamsuriana@umma.ac.id <p>Platina merupakan salah satu bahan yang dapat dijadikan sebagai elektroda lawan dalam DSSC. Hal ini dikarenakan platina merupakan zat yang memiliki katrakteristik yang hampir mendekati elektroda lawan ideal. Teknik preparasi elektroda lawan dengan tmetode <em>slip</em> <em>casting</em>. Setelah dilakukan pengujian dan perhitungan diperoleh hasil bahwa <em>Fear factor</em> (FF) penggunaan platina sebagai counter elektode dalam DSSC masih relatif kecil penggunaan platina sebagai counter elektode dalam DSSC masih relatif kecil sebesar 270.10<sup>-6</sup>, efisiensi (ƞ) penggunaan platina sebagai counter elektode dalam DSSC masih relatif kecil sebesar 540.10<sup>-6</sup>.</p> 2022-06-16T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/1310 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN REALIA BERWAWASAN LINGKUNGAN PADA PELAJARAN FISIKA MATERI TERMODINAMIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA DI JEMBER 2022-08-20T20:11:32+07:00 I Ketut Mahardika ketut.fkip@unej.ac.id Subiki . subikiandayani.fkip@unej.ac.id Melisa Putri Febriyanti melisaputri2202@gmail.com Ratna Sary Anindy anindychan13@gmail.com Evie Rahmawati evirahmawati008@gmail.com Jazilatul Mufida jazilatulmufida0103@gmail.com <p><strong>Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Realia Berwawasan Lingkungan Pada Pelajaran Fisika Materi Termodinamika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA di Jember. </strong>Media Pembelajaran realia adalalah ajaran media pembelajaran nyata keadaan belajar dikelas bertujuan kegiatan observasi. Dalam penelitian yaitu penelitian bersifat eksperimen yang memanfaatkan media realia berwawasan lingkungan pada materi termodinamika untuk mengetahui tingkat kelebihan tingkat berhasilan belajar sisw pada kelas XI &nbsp;SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun ajaran 2021/2022 . Sampel yang dituju siswa kelas XI IPA 1 untuk kelas kontrol dan XI IPA 3 untuk kegiatan kelas eksprimen yang berjumlah sama-sama 32 orang. Teknik dalam pengumpulan data dengan perolehan hasil dari tes pilihan ganda. Teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial merupakan cara analisa data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 20. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,037 (&lt; 0,05), sehingga dapat disimpulkan, bahwa pelaksaan media pembelajaran realia berwawasan lingkungan pada materi termodinamika efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022.</p> 2022-06-17T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/1284 IDENTIFIKASI KEMENERUSAN SESAR DAN POTENSI RESERVOAR AIR PANAS CANGAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE GRAVITASI 2022-08-20T20:11:32+07:00 Husni Cahyadi Kurniawan huznie.kurniawan@gmail.com Dhony Widyasandy dhony.widyasandy@gmail.com Ahmad Luthfin ahmadluthfin@fis.uin-malang.ac.id Aulia K Nugraha auliaknugraha@gmail.com Agus Budi Jatmika abjat68@gmail.com <p>Telah dilakukan penelitian tentang potensi panas bumi di daerah pemandian air panas Cangar Kota Batu Jawa Timur berdasarkan metode gravity dengan menggunakan alat <em>Gravity-meter La Coste &amp; Romberg seri G1053</em>. Pengambilan data dilakukan di 20 titik pengamatan disekitar Pemandian air panas Cangar. Hasil penilitan&nbsp; nilai kontras densitas sayatan AA’ dibagi menjadi 3 lapisan utama secara umum, ketiga lapisan batuan tersebut masing-masing adalah : Andesit di bagian dasar pada kedalaman 0,5 km – 1 km nilai densitas sebesar 2,617 gr/cm3. Yaitu di lapisan atasnya terdapat breksi-andesitik dengan nilai densitas yang tidak jauh berbeda yaitu 2,680 gr/cm3 dengan kedalaman 0,3 – 0,5 km. Sedangkan dekat permukaan berupa endapan tufa andesitik dengan nilai densitas yaitu 2,685 gr/cm3. Untuk nilai kontras densitas Sayatan BB’ dibagi menjadi tiga lapisan batuan utama diantaranya : Andesit dengan nilai densitas 2,62 gr/cm3 pada basement atau dasar lapisan dari model tersebut (kedalaman 0,5 – 1 km). Kemudian breksi-andesitik dengan nilai densitas 2,678 – 2,695 gr/cm3. Pada bagian dekat permukaan berupa tufa andesitik dengan nilai densitas berkisar 2,66 – 2,677 gr/cm3. Dengan adanya lapisan breksi-andesit ini sangat baik sebagai penampung air karena memiliki porositas yang tinggi.</p> 2022-06-18T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/1302 ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS JEMBER TERHADAP MANFAAT SERTA DAMPAK SINAR-X BAGI KESEHATAN 2022-08-20T20:11:32+07:00 Tasya Shevi Wardani tasyasheviwardani@gmail.com Sudarti . sudarti.fkip@unej.ac.id <p style="text-align: justify;"><strong>Abstrak: Analisis Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember Terhadap Manfaat Serta Dampak Sinar-X Bagi Kesehatan.</strong> Sinar-x merupakan bagian dari radiasi pengion atau radiasi ionisasi. Dalam bidang kesehatan sinar-x memiliki manfaat serta dampak tertentu. Hal tersebut penting untuk diketahui dan dipahami oleh seluruh masyarakat di Indonesia khususnya mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemahaman mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember khususnya semester VI terkait manfaat serta dampak sinar-x bagi kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Variabel penelitian adalah pemahaman mahasiswa terhadap manfaat serta dampak sinar-x bagi kesehatan. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan tes yang berisi 10 soal pilihan ganda melalui google form yang ditujukan kepada 50 mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember. Hasil jawaban dari mahasiswa akan dianalisis dan direpresentasikan ke dalam bentuk tabel dan diagram batang.</p> 2022-06-19T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/1318 ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS X SMAN 2 PINRANG 2022-08-20T20:11:33+07:00 Ihfa Indira Nurnaifah ihfaindira@stkipddipinrang.ac.id Irma Sakti irmatahir1990@gmail.com Megawati . megawtabidin@gmail.com <p style="text-align: justify;"><strong>Abstrak: Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Gerak Lurus di Kelas X SMAN 2 Pinrang.</strong> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Gerak Lurus dan faktor penyebabnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan variabel utama dalam adalah jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi Gerak Lurus yang dilaksanakan pada bulan Maret-April 2021 di SMAN 2 Pinrang. Instrumen dalam penelitian ini adalah dokumen lembar kerja siswa berupa 5 butir soal essay yang bisa mewakili indikator capaian dari materi Gerak Lurus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan masih banyaknya siswa yang melakukan kesalahan pada saat mengerjakan soal fisika yaitu kesalahan konsep (22,7%), kesalahan strategi (77,3%), kesalahan menggunakan data (22,7%) dan kesalahan hitung (63,6%). Adapun faktor yang menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan adalah siswa keliru dalam menerapkan rumus, kurang teliti dalam penggunaan simbol, siswa tidak mengikut-sertakan satuan pada perhitungan matematis sehingga satuan akhirnya salah, siswa kurang mampu menerjemahkan soal ke dalam besaran fisis, siswa kurang memahami maksud soal, siswa kurang teliti dalam mengalikan angka-angka, dan karena siswa terburu-buru dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian tersebut dapat menjadi bahan evaluasi bagi para guru untuk menindaklanjuti permasalahan ini guna mengurangi kasus serupa.</p> 2022-06-19T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##