Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts <h3>Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya</h3> <div>Jurnal Karst merupakan &nbsp;media komunikasi bagi para Peneliti, Dosen, Guru, Praktisi dan Mahasiswa untuk menyampaikan hasil kajian dan diutamakan hasil penelitian pada bidang Pendidikan Fisika, Ilmu Fisika dan Fisika Terapan. Jurnal Karst diterbitkan oleh Program&nbsp; Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros. Diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain.</div> <div> <div>Diterbitkan oleh : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros<strong><em><br> e-ISSN :&nbsp;2655-1276 (online)<br> p-ISSN :&nbsp;2622-9641 (cetak)</em></strong></div> <div><strong><em>DOI :&nbsp;<a href="https://doi.org/10.46918/karts" target="_blank" rel="noopener">https://doi.org/10.46918/karts</a></em></strong></div> </div> <div>&nbsp;</div> <div><strong>Alamat Redaksi<br> </strong>Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros<br> Jl. Dr. Ratulangi No. 62 Maros Telp. (0411) 372161 Email: jurnalkarst@umma.ac.id</div> en-US jurnalkarst@umma.ac.id (Syamsuriana Basri) irmatahir1990@gmail.com (Irma Sakti, S.Pd., M.Pd) Tue, 29 Dec 2020 00:00:00 +0700 OJS 3.1.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 HUBUNGAN PENALARAN FORMAL DENGAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN MODEL MAKASSAR http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/729 <p>Penelitian ini merupakan penelitian <em>ex-post facto</em> yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penalaran formal dan pemahaman konsep fisika peserta didik serta hubungan antara keduanya. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi tunggal. Populasi penelitian berjumlah 400 orang. Sampel berjumlah 210 orang yang dipilih dengan teknik <em>purporsionate random sampling</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran formal peserta didik berada pada level sedang dan pemahaman konsep fisika peserta didik berada pada level sedang. Kedua variabel memiliki kekuatan hubungan yang berlevel sedang, dengan nilai koefisien korelasi <em>r</em> = 0,441. Hasil pengujian signifikansi menunjukkan bahwa nilai t<sub>hitung</sub>&gt;t<sub>tabel</sub>, yaitu 7,086&gt;1,971, sehingga disimpulkan bahwa penalaran formal memiliki hubungan yang signifikan dengan pemahaman konsep peserta didik.</p> Muh Syihab Ikbal, Muchlisah ., Mukti Ali, Endang Setianingsih ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/729 Fri, 25 Dec 2020 00:00:00 +0700 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMAN 3 PINRANG http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/730 <p><strong>Abstrak: Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Media Animasi terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMAN 3 Pinrang.</strong> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media animasi <em>Macromedia Flash</em> terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik kelas X &nbsp;SMAN 3 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah <em>Quasi Eksperimen</em> dengan desain <em>The Matching</em><em> Postest</em><em> Only Control Group Design</em>. Populasi dari penelitian tersebut sebanyak 4 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas kontrol dan eksperimen dengan tehnik Matching Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial serta setiap instrumen dianalisis setelah divalidasi oleh pakar. Hasil penilitian menunjukkan adanya perbedaan pemahaman konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol di mana skor rata-rata post test kelas Eksperimen sebesar 62,38 sedangkan pada kelas kontrol 45,43. Analisis inferensial &nbsp;menunjukkan nilai <em>t<sub>hitung </sub></em>= 3,87 dan&nbsp; <em>t<sub>tabel </sub></em>= 2,04. Berdasarkan ketentuan,<em> t<sub>hitung </sub></em>lebih besar dari pada <em>t<sub>tabel</sub></em> (<em> t<sub>hitung</sub></em>&gt;<em>t<sub>tabel </sub></em>) yaitu (3,87&gt;2,04).&nbsp; &nbsp;Dari data tersebut dapat dikatakan <em>H<sub>0</sub></em> ditolak dan <em>H<sub>1</sub></em> diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika siswa yang diajar dengan menggunakan media animasi dengan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan media animasi pada kelas X SMAN 3 Pinrang.</p> Imam Permana, Ansarullah Ansarullah, Fitriani Kadir ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/730 Sat, 26 Dec 2020 00:00:00 +0700 PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP EKSTRAPOLASI ANTARA METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/698 <p><strong>Abstrak : </strong>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan&nbsp; pemahaman ekstrapolasi antara mahasiswa yang diajar dengan menggunakan motode pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi dengan motode inkuiri terbimbing pada Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar. Pemilihan sampel melalui teknik simple random sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman ekstrapolasi, dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji T-2 sample independent. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif diperoleh hasil tes pemahaman ekstrapolasi dengan menggunakan inkuiri bebas termodifikasi dan inkuiri terbimbing&nbsp; mahasiswa pendidikan fisika&nbsp; dikategorikan dalam kategori sedang. Selanjutnya, untuk statistik inferensial menyatakan bahwa t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> yaitu 3,12 &gt;1,98 dengan H<sub>0 </sub>&nbsp;ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman ekstrapolasi antara motode pembelajaran inkuiri&nbsp; bebas termodifikasi dengan inkuiri terbimbing mahasiswa pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar.</p> Jusman Manjeng, Hajeriati Jail ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/698 Sat, 26 Dec 2020 00:00:00 +0700 ANALISIS RESPON MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN DARING DI PRODI BIOLOGI STKIP PI MAKASSAR http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/781 <p><strong>Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring di Prodi Biologi STKIP PI Makassar. </strong>Penelitian ini terfokus pada matakuliah Fisika&nbsp; Dasar &nbsp;dan Biofisika &nbsp;yang dilakukan secara Daring dengan menggunakan beberapa aplikasi yaitu google classroom, Whatsaap, ZOOM, Google meet dan Telegram.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui respon mahasisswa&nbsp; selama proses pembelajaran Online dilaksanakan di semester ganjil tahun 2020/2021. Pelaksanaan perkuliahan secara Daring telah dilaknasakan sebanyak 12 Kali pertemuan&nbsp; dengan menggunkan zoom sebagai media tatap muka dan&nbsp; google classroom sebgai sarana pembagian materi dan tugas individu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket&nbsp; google form&nbsp; dan dilakukan nalisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisa yang dilakukan berdasarkan respon mahasiswa prodi Biologi STKIP PI Makassar , bahwa pembelajaran daring kurang efektif dalam&nbsp; meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar.</p> Nur Amaliah Akhmad ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/781 Mon, 28 Dec 2020 00:00:00 +0700 PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/770 <p><strong>Abstrak : </strong>Penelitian ini merupakan penelitan tindakan kelas yang dilakukan pada kelas X SMK Muhammadiyah Bungoro. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa Penerapan pendekatan kontestual berbantuan media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa. Analisis minat belajar yang dilakukan diperoleh hasil bahwa sebelum dilakukan tindakan kategori minat siswa cukup berminat dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan Siklus II minat belajar siswa naik menjadi kategori Berminat . Pemahaman konsep siswa sebelum dilakukan tindakan masih tergolong rendah, setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai daya serap klasikal siswa menjadi mengalami peningkatan. Penilitian ini berhasil meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran pada siklus I dan II siswa merasa senang dengan diterapkannya pendekatan kontekstual berbantuan media pembelajaran.</p> Yusdarina Yusdarina, Syamsuriana Basri ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/770 Sat, 26 Dec 2020 00:00:00 +0700 PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS MUSLIM MAROS http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/774 <p><strong>Pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan fisika Universitas Muslim Maros.</strong> Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesiapan (<em>readiness</em>) Belajar terhadap Prestasi belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muslim Maros. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas (X) Kesiapan Belajar dan Variabel terikat (Y) Prestasi belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan korelasi <em>product-moment </em>dan uji-t. Analisis ini digunakan untuk menguji hipotesis mengenai ada tidaknya pengaruh antara kedua variabel. Sample penelitian ini menggunakan sample acak. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho: Tidak Ada Pengaruh Kesiapan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi belajar dan Ha: Ada Pengaruh Kesiapan Belajar Mahasiswa terhadap Prestasi belajar dengan taraf signifikansi 5% atau dengan taraf kepercayan 95% dengan metode deskriptif korelasional. Berdasarkan kesiapan belajar rata-rata sebesar 84,36 % sedangkan analisis prestasi belajar (Mid) mahasiswa rata-rata 74,25. Dalam pengujian tersebut ???????? diterima dan ????0 ditolak yang berati diantara kesiapan belajar ada pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar.</p> Reski Idamayanti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/774 Sat, 26 Dec 2020 00:00:00 +0700