PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN PADA SISWA KELAS VII DI MTS DDI KALUPPANG
Abstract
Abstrak : Peningkatan Hasil Belajar Fisika melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman pada Siswa Kelas VII di MTs DDI Kaluppang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa hasil belajar fisika dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran berbasis pengalaman pada siswa VII di MTs DDI Kaluppang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII.B di MTs DDI Kaluppang semester genap tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan selama dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II setelah diterapkan model pembelajaran berbasis pengalaman. Hal ini ditandai dengan meningkatnya: (1) Skor rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 46,94 dengan kategori sangat rendah meningkat menjadi 73,61 dengan kategori sedang pada siklus II. (2) rata-rata persentase aktivitas siswa dari siklus I 54,79% dengan kategori cukup meningkat menjadi 80,3% dengan kategori sangat baik pada siklus II. (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 4,17 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 4,7 dengan kategori sangat baik pada siklus II.
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.