Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Canva Pada Materi Suhu, Kalor dan Pemuaian
DOI:
https://doi.org/10.46918/hzhdp416Keywords:
assure; canva; komikAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran komik yang valid, praktis, dan efektif untuk topik Suhu, Kalor, dan Pemuaian. Menggunakan model pengembangan ASSURE dalam kerangka Penelitian dan Pengembangan (R&D), komik ini dibuat dengan aplikasi Canva. Hasil menunjukkan bahwa komik memiliki kevalidan tinggi: 3,41 untuk aspek kemediaan (ahli desain media) dan 3,72 untuk aspek konten materi (ahli materi). Dari sisi kepraktisan, uji coba kelas riil menunjukkan angka 92,18 (kategori sangat baik) berdasarkan respons siswa. Sementara itu, keefektifan komik terbukti dari rata-rata hasil belajar kelas 84,21, melampaui Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) 75, serta nilai n-gain 0,779 yang termasuk dalam kategori tinggi. Kesimpulannya, media pembelajaran komik ini berhasil dikembangkan sebagai alat bantu belajar yang terkendali dan efektif
References
Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan media komik berbasis android pada pokok bahasan gerak lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 149-153. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2774
Arikunto, S. (2010). Prosedur suatu pendekatan praktik (Edisi ke-6). Jakarta: Rineka Cipta.
Basri, S., & Khatimah, H. (2019). Efektivitas penggunaan media pembelajaran sparkol videoscribe terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 6 Jeneponto. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 2(2), 85–90. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/428
Daniyati, A., Saputi, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Hapsari, T. P. R. N., & Wulandari, A. (2020). Analisis kelayakan buku ajar milenial berbasis augmented reality (AR) sebagai media pembelajaran teks prosedur di magelang. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(4), 351-364. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i4.125
Jumadi, J., Darmadi, I. W., & Darsikin, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran komik eksperimen fisika berbasis kearifan lokal untuk sekolah menengah pertama. Media Eksakta, 17(2), 121–125. https://doi.org/10.22487/me.v17i2.1321
Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Kusumasari, V., Chandra, T., Muksar, M., & Rahardi, R. (2022). Pengembangan e-modul berbasis problem based learning untuk mendukung pembelajaran daring dengan flipped classroom. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 195–201. https://journal.unnesa.ac.id/sju/prisma/article/view/54109
Marliana, L., & Subrata, H. (2023). Keefektifan penggunaan media komik digital dalam kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1274–1283. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/5368
Muflikhatur, R., & Wan, S. (2015). The development of comic as media learning for science 8th grade junior school at subject transportation system. Jurnal Ilmu Pendidikan Biologi, 7–8.
Nurjanah, U., Narestuti, A. S., & Sudiarti, D. (2021). Penerapan media pembelajaran komik digital untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756
Paivio, A. (1986). Mental representations: A dual coding approach. New York, NY: Oxford University Press.
Rusman. (2013). Model-model pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas pemanfaatan komik sebagai media pembelajaran matematika (Doctoral dissertation, State University of Malang). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156
Umar, I. P., Uloli, R., & Jahja, M. (2023). Kepraktisan media pembelajaran berbasis komik pada materi kalor di SMP Negeri 1 Tapa. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 83-89. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.416
Utariyanti, I. F. Z., Wahyuni, S., & Zaenab, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran komik berbasis Canva dalam materi sistem pernapasan pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Malang. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(3), 343–355. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i3.2668
Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan e-komik dengan model addie untuk meningkatkan minat belajar tentang perjuangan persiapan kemerdekaan indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48-59. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pinasti Inunu, Ritin Uloli, Tirtawaty Abdjul, Abdul Haris Odja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.