Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Canva Pada Materi Suhu, Kalor dan Pemuaian

Authors

  • Pinasti Inunu Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Ritin Uloli Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Tirtawaty Abdjul Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Abdul Haris Odja Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46918/hzhdp416

Keywords:

assure; canva; komik

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran komik yang valid, praktis, dan efektif untuk topik Suhu, Kalor, dan Pemuaian. Menggunakan model pengembangan ASSURE dalam kerangka Penelitian dan Pengembangan (R&D), komik ini dibuat dengan aplikasi Canva. Hasil menunjukkan bahwa komik memiliki kevalidan tinggi: 3,41 untuk aspek kemediaan (ahli desain media) dan 3,72 untuk aspek konten materi (ahli materi). Dari sisi kepraktisan, uji coba kelas riil menunjukkan angka 92,18 (kategori sangat baik) berdasarkan respons siswa. Sementara itu, keefektifan komik terbukti dari rata-rata hasil belajar kelas 84,21, melampaui Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) 75, serta nilai n-gain 0,779 yang termasuk dalam kategori tinggi. Kesimpulannya, media pembelajaran komik ini berhasil dikembangkan sebagai alat bantu belajar yang terkendali dan efektif

References

Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan media komik berbasis android pada pokok bahasan gerak lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 149-153. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2774

Arikunto, S. (2010). Prosedur suatu pendekatan praktik (Edisi ke-6). Jakarta: Rineka Cipta.

Basri, S., & Khatimah, H. (2019). Efektivitas penggunaan media pembelajaran sparkol videoscribe terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 6 Jeneponto. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 2(2), 85–90. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/428

Daniyati, A., Saputi, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Hapsari, T. P. R. N., & Wulandari, A. (2020). Analisis kelayakan buku ajar milenial berbasis augmented reality (AR) sebagai media pembelajaran teks prosedur di magelang. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(4), 351-364. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i4.125

Jumadi, J., Darmadi, I. W., & Darsikin, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran komik eksperimen fisika berbasis kearifan lokal untuk sekolah menengah pertama. Media Eksakta, 17(2), 121–125. https://doi.org/10.22487/me.v17i2.1321

Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kusumasari, V., Chandra, T., Muksar, M., & Rahardi, R. (2022). Pengembangan e-modul berbasis problem based learning untuk mendukung pembelajaran daring dengan flipped classroom. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 195–201. https://journal.unnesa.ac.id/sju/prisma/article/view/54109

Marliana, L., & Subrata, H. (2023). Keefektifan penggunaan media komik digital dalam kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1274–1283. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/5368

Muflikhatur, R., & Wan, S. (2015). The development of comic as media learning for science 8th grade junior school at subject transportation system. Jurnal Ilmu Pendidikan Biologi, 7–8.

Nurjanah, U., Narestuti, A. S., & Sudiarti, D. (2021). Penerapan media pembelajaran komik digital untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756

Paivio, A. (1986). Mental representations: A dual coding approach. New York, NY: Oxford University Press.

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas pemanfaatan komik sebagai media pembelajaran matematika (Doctoral dissertation, State University of Malang). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156

Umar, I. P., Uloli, R., & Jahja, M. (2023). Kepraktisan media pembelajaran berbasis komik pada materi kalor di SMP Negeri 1 Tapa. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 83-89. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.416

Utariyanti, I. F. Z., Wahyuni, S., & Zaenab, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran komik berbasis Canva dalam materi sistem pernapasan pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Malang. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(3), 343–355. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i3.2668

Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan e-komik dengan model addie untuk meningkatkan minat belajar tentang perjuangan persiapan kemerdekaan indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48-59. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Canva Pada Materi Suhu, Kalor dan Pemuaian. (2025). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 8(1), 47-59. https://doi.org/10.46918/hzhdp416