EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 6 JENEPONTO

Authors

  • Syamsuriana Basri Editor
  • Husnul Khatimah B author

Keywords:

Penelitian eksperimen, media pembelajaran, videoscribe sparkol, hasil belajar

Abstract

Abstrak: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 6 Jeneponto. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran sparkol videoscribe dalam meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Jeneponto. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 35 orang kelas eksprimen dan 32 kelas kontrol.  Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes essay. Data tes hasil belajar dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif analisis inferensial dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan mean atau rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana hasil belajar kelas eksperimen 85,54 dan kelas kontrol 75,72. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran sparkol videoscribe efektif dalam meningkatkan  hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Jeneponto.

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 6 JENEPONTO. (2019). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 2(2), 85-90. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/428