Pengaruh Model Pembelajaran, Akreditasi Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gowa

  • Mohammad Ardani Samad STIKES Pelamonia Kesdam VII Wirabuana
  • Mangindara Mangindara STIKES Pelamonia Kesdam VII Wirabuana
Keywords: Model Pembelajaran, Akreditasi, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran berbasis masalah serta kecerdasan emosional siswa pada SMP Negeri berakreditasi A dan berakreditasi B. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gowa tahun pelajaran 2014/2015. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan metode cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah empat kelas yang dipilih dari dua Sekolah Negeri yang ada di Kabupaten Gowa, yakni SMP Negeri 2 Sungguminasa dalam hal ini berakreditasi A dan SMP Negeri 4 Sungguminasa dalam hal ini berakreditasi B. Ada dua macam variabel dalam penelitian ini, yaitu (1) variabel bebas yang terdiri atas model pembelajaran, akreditasi sekolah dan kecerdasan emosional, dan (2) variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Model pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran berbasis masalah, akreditasi sekolah yang dimaksud adalah akreditasi sekolah A dan akreditasi sekolah B, sedangkan kecerdasan emosional yang dimaksud adalah kecerdasan emosional optimal dan kecerdasan emosional rentan. Instrumen yang digunakan  adalah angket kecerdasan emosional, dan tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1) skor rata-rata hasil belajar siswa di sekolah akreditasi A dan akreditasi B cenderung sama, (2) kecerdasan emosional siswa di sekolah akreditasi A mempunyai skor rata-rata yang cenderung sama pada sekolah akreditasi B berada pada kategori optimal, (3) tidak terdapat pengaruh akreditasi sekolah terhadap hasil belajar siswa, (4) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, (5) terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa, (6) tidak terdapat interaksi antara akreditasi sekolah dan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, (7) tidak terdapat interaksi antara akreditasi sekolah dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa, (8) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gowa.

References

A. Arzuari and Y. Katrancı, "The Opinions of Primary Mathematics Student-teachers on Problem-based Learning Method," Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 116, no. February, pp. 1826-1831, (2014).

A. A. R. Awaludin, "Akreditasi Sekolah Sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan Di Indonesia," Journal of SAP, vol. 2, number 1, pp. 12-21, (2017).

Anurrahman. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Bandung

Cooper RK & Ayman Sawaf. (2001). Executive EQ: Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. (2002). Keputusan Menteri No. 087/U/2002 tentang Akreditasi Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Goleman, Daniel. (2009). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Muslimin, et all. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Sciences Center and Mathematics School. Universitas Negeri Surabaya.

Nurwati. (2009). Studi tentang pembelajaran koperatif tipe STAD, Jigsaw pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII MTsN Model Makassar. Unpublished Thesis. Makassar: PPs UNM.

Robert. E Slavin. (2010). Cooperative Learning Teori, Research and Practice. Bandung: Nusa Media.

Rustiana, Eunike. Upaya Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Rohani, “JURNAL, Cakrawala Pendidikan” Nomor: 1 Februari (2013).

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Published
2019-12-23
How to Cite
Samad, M., & Mangindara, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran, Akreditasi Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gowa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 74-84. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/307
Section
Pendidikan Matematika