Pembelajaran Environmental Learning Pada Materi Kingdom Animalia
Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Environmental Learning, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Environmental Learning pada materi kingdom animalia terhadap motivasi belajar siswa dikelas X SMAN 4 Maros. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Adapun jumlah sampel yakni 66 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol yang diambil secara acak. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket/kuesioner, tes, dan dokumentasi. Dengan analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukan bahwa model pembelajaran Environm ental Learning berpengaruh pada motivasi belajar siswa dikelas X SMAN 4 Maros. Peneliti melakukan uji coba instrumen dan didapatkan perhitungan uji validitas angket soal sebanyak 20 butir yang dinyatakan valid dan reliabilitas angket soal sebanyak 20 pertanyaan yang hasilnya reliabel (konsisten) diperoleh juga nilai belajar siswa kelas eksperimen yang memiliki nilai rata-rata = 86,06 dan standar deviasi = 6,819. Sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata = 71,82 dan standar deviasi = 11,027. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan rata-rata nilai belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Environmental Learning (EL) dengan nilai belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Sehingga model pembelajaran Environmental Learning pada materi kingdom animalia berpengaruh pada motivasi belajar siswa dikelas X SMAN 4 Maros
Referensi
Arfandi, M. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran. Semarang: Unissula Press
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dayanti, N. (2018). Penerapan Pendekatan Environmental Pada Tema Sehat Itu Penting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Min 11 Banda Aceh. Skripsi. Banda aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Enda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 (2017) 93-196 .
Febrianto, v. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Program Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Skripsi. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hadi, A. (2015). Pengertian, Ciri dan Klasifikasi Kingdom Animalia (Hewan). Diunduh di http://www. https://www.softilmu.com/2015/10/ Pengertian- Ciri- Klasifikasi-Sistem-Organ-Kingdom-Animalia-Adalah. html tanggal 17 Desember 2019
Haryaningtyas. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Dan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Environmental Learning Pada Siswa Kelas 7c Smpn 11 Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian. Madiun.
Khoiriyah, L. F. (2015). Implementasi Model Environmental Learning dalam mewujudkan kepedulian lingkungan pada siswa IV SDN Dinoyo2 Malang. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013 , 159.
Masni, H. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Dikdaya, Volume 05 Nomor 01 April 2015 .
Nidawati. (2013). Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Agama. Jurnal Pionir, Volume 1, Nomor 1, Juli-Desember 2013 .
Nooryono, E. (2009). Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dalam Rangka Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Sma 2 Bae Kudus. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Nur’aini, D. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Ipa. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran . Siduarjo: Nizamia Learning Center.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, Vol.5 No. 2 November 2017 .
Pramesti, M. W. (2019). Motivasi : Pengertian, Proses Dan Arti Penting Dalam Organisasi. Jurnal Penelitian Ilmiah. Media Neliti.
Putriana, N. (2013). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Kelas XI IPS SMA Pasundan. Skiripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smp Di Depok. Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016 .
Subardi. (2009). BIOLOGI Untuk Kelas X SMA/MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidkan Nasional.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Sujerveni, W. (2015). Spss Untuk Penelitian. Pustaka baru.
Suparni, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif teipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas v sd negeri 1 metro timur. Skripsi. Bandar lampung: FKIP Universitas Lampung.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan ISSN: 2442-9449 Vol.3.No.1 (2015) 73-82.
Uno, H. B. (2017). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiarti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial Di Sma Negeri 2 Banguntapan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.