PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERKARAKTER PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR

  • Pertiwi indah lestari universitas muslim maros
  • Dahliana Abdullah
Keywords: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, 4-D

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development research)  yang bertujuan untuk mengembangkan Perangkat Pembelajaran berkarakter pada mata kuliah kimia. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Thiagarajan  atau Model 4-D yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap pembatasan (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berkarakter bersifat valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran dikatakan telah memenuhi kriteria kevalidan meliputi  RPS/SAP, Bahan Ajara, LKM, dan THB masing-masing  berada pada kategori "Valid". Perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena keterlaksanaan perangkat pembelajaran berada pada kategori terlaksana seluruhnya. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif  karena telah memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) Keseluruhan tahap kegiatan pembelajaran yang dikelola oleh Dosen dengan nilai rata-rata pengamatan 3,91 berada pada kategori tinggi dengan nilai reliabilitas 0,90 (2) Rata-rata persentase waktu yang digunakan oleh mahasiswa dalam aktivitas pembelajaran berada dalam rentang waktu ideal yang ditoleransi. (3) rata-rata nilai total yang diperoleh mahasiswa, yaitu sebesar 78,89 maka karakter yang ditanamkan pada mahasiswa berada pada kategori membudaya (MY). (4) respon positif mahasiswa terhadap kegiatan pembelajaran 96,33% Bahan Ajar 96,33%, LKM 86,33% (5) sebesar 86,67% dan dengan nilai tersebut berarti bahwa hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal.

References

Akbar, S. 2010. Strategi Peningkatan Tahap Perkembangan Moral. Mata Diklat Pengembangan Strategi Pendidikan Karakter Bangsa Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pembinaan Diklat.

Amri, S. dan Ahmadi, L.K. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

__________. 2008a. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Dikdasmen Depdiknas.
__________. 2008b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku. Jakarta: Depdiknas

__________. 2010. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Nilai dan Karakter. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas

__________. 2010. Grand Desain Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum Litbang Depdiknas.
Lickona, T. 1991. Education for Character. New York: Bantam Book.

Mulyasa, H.E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Muslich, M. 2011. Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan, dan Implementasi KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ulfatin, N., dan Sriwilujeng, D. 2010. Penilaian Pendidikan Karakter Bangsa. Mata Diklat Strategi Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pembinaan Diklat.

Upu, H. 2005. Karakteristik Research and Development (R & D), Jurnal Eksponen Edisi Khusus. Makassar. FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Published
2019-05-14
How to Cite
lestari, P., & Abdullah, D. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERKARAKTER PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR. Jurnal Binomial, 2(1), 33-53. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/184

Most read articles by the same author(s)