PENGARUH PENGGUNAAN BUKU PEDOMAN PRAKTIKUM EKOLOGI TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pedoman praktikum pada mata kuliah ekologi tumbuhan terhadap hasil belajar mahasiswa semester IV prodi pendidikan biologi FKIP UMMA sebanyak 10 mahasiswa dengan langkah penelitian yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian pelaksanaan, pengawasan, sistem evaluasi pembelajaran praktikum. Penelitian ini ditinjau dari tes hasil belajar yang diberikan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 butir soal serta pemberian angket respon kepasa mahasiswa. Sebelum mahasiswa diberikan tes hasil belajar berupa posttest, terlebih dahulu mahasiswa melakukan praktikum dengan menggunakan buku pedoman praktikum ekologi tumbuhan yang disediakan oleh dosen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pedoman praktikum pada pelaksaanaan praktikum ekologi tumbuhan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa dilihat dari nilai rata-rata pretest 85,61 sedangkan nilai rata-rata meningkat setelah diberikan posttest sebesar 96,18. Selain itu, pengaruh pelaksanaan praktikum dengan menggunakan pedoman juga dapat dilihat dari hasil rasio pengaruh dengan nilai rata-rata hasil akhir praktikum dengan rasio pengaruh 127,60%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pedoman praktikum dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Semakin besar nilai rasio pengaruh maka semakin besar pula tingkat keberhasilan suatu pedoman praktikum tersebut.
References
Amini, R. (2015). Outdoor Based Environmental Education Learning and Its Effect in Caring Attitude Toward Environment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1),43-47. Doi: https://doi.org/10.15294/jpii.v4i1.3500
Bahri, S. (2016) Komparasi Kemandirian Siswa Berlandaskan Jiwa Entrepreneurship di SMK N 2 Mataram. Jurnal Social, 15(1), 33-51. Doi: https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9902
Barquet, K (2015), Building a bioregion through transboundary conservation in Central America, Norwegian Journal of Geography, Vol. 69, No. 5, 265–276. Doi: https://doi.org/10.1080/00291951.2015.1087421
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evalusiasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia. 2(2), 223-234. Doi: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721
Dayanti, N. (2018). Penerapan Pendekatan Environmental Learning Pada Tema Sehat Itu Penting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Kelas V Min 11 Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3316
Izzati, N., Hindarto, N., & Pamelasari, S.D. (2013). Pengembangan Pedoman Tematik dan Inovatif Berkarakter pada Tema Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(2), 183-188. Doi:10.15294/jpii.v2i2.2721
Khoiriyah, L. F. (2015). Implementasi Model Environmental Learning dalam mewujudkan Kepedulian Lingkungan pada Mahasiswa IV SDN Dinoyo2 Malang. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Kedosenan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/6790/1/11140133.pdf
Landriany, E. (2014). Implementasi Kebijakan Adiwiyata dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. 2(1), 82-88. Doi: https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i1.1739
Listiawati, N. (2013). Pelaksanaan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Oleh Beberapa Lembaga. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(3), 430-450. https://media.neliti.com/media/publications/120796-none-acfb4625.pdf
Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1: 159. Doi: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536
Murti, W., & Maya, S. (2021). The Effectiveness Of Environmental Learning Model On Students’ Motivation And Learning Outcomes. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 24(2), 255-263. https://doi.org/10.24252/lp.2021v24n2i8
Murti, W., & Anas, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 8(2), 80-94. https://doi.org/10.24252/jb.v8i2.16119
Nomura, K. (2009). A Perspective on Education for Sustainable Development: Historical Development of Environmental Education in Indonesia. International Journal of Educational Development, 29(6), 621–627. Doi:10.1016/j.ijedudev.2008.12.002.
Oemar H. (2007). Metode belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsiti.
Prabawani, B., Hanika, I.M., Pradhanawati, A., & Budiatmo, A. (2017). Primary Schools EcoFriendly Education in The Frame of Education for Sustainable Development. International Journal of Environmental & Science Education. 12(4), 607-616. Doi: http://www.ijese.net/makale/1831.html.
Prasetiyo, W. H., & Suyanto, T. (2013). Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Kampung Hijau Di Kampung Margorukun Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 2(1). 302-316. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/3721/1978
Sudijono, A. (1998). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Gradindo Persada.
Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.