PENGARUH PENGGUNAAN BUKU PEDOMAN PRAKTIKUM EKOLOGI TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

  • Warda Murti Universitas Muslim Maros
  • Sri Maya Universitas Muslim Maros
  • Pertiwi Indah Lestari Universitas Muslim Maros
Keywords: Pedoman Praktikum, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pedoman praktikum pada mata kuliah ekologi tumbuhan terhadap hasil belajar mahasiswa semester IV prodi pendidikan biologi FKIP UMMA sebanyak 10 mahasiswa dengan langkah penelitian yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian pelaksanaan, pengawasan, sistem evaluasi pembelajaran praktikum. Penelitian ini ditinjau dari tes hasil belajar yang diberikan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 butir soal serta pemberian angket respon kepasa mahasiswa. Sebelum mahasiswa diberikan tes hasil belajar berupa posttest, terlebih dahulu mahasiswa melakukan praktikum dengan menggunakan buku pedoman praktikum ekologi tumbuhan yang disediakan oleh dosen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pedoman praktikum pada pelaksaanaan praktikum ekologi tumbuhan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa dilihat dari nilai rata-rata pretest 85,61 sedangkan nilai rata-rata meningkat setelah diberikan posttest sebesar 96,18. Selain itu, pengaruh pelaksanaan praktikum dengan menggunakan pedoman juga dapat dilihat dari hasil rasio pengaruh dengan nilai rata-rata hasil akhir praktikum dengan rasio pengaruh 127,60%. Hal  tersebut menunjukkan bahwa pedoman praktikum dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Semakin besar nilai rasio pengaruh maka semakin besar pula tingkat keberhasilan suatu pedoman praktikum tersebut.

References

Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar sebagai Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia, 2(1), 98-108. Doi:10.21070/pedagogia.v2i1.500

Amini, R. (2015). Outdoor Based Environmental Education Learning and Its Effect in Caring Attitude Toward Environment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1),43-47. Doi: https://doi.org/10.15294/jpii.v4i1.3500

Bahri, S. (2016) Komparasi Kemandirian Siswa Berlandaskan Jiwa Entrepreneurship di SMK N 2 Mataram. Jurnal Social, 15(1), 33-51. Doi: https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9902

Barquet, K (2015), Building a bioregion through transboundary conservation in Central America, Norwegian Journal of Geography, Vol. 69, No. 5, 265–276. Doi: https://doi.org/10.1080/00291951.2015.1087421

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evalusiasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia. 2(2), 223-234. Doi: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721

Dayanti, N. (2018). Penerapan Pendekatan Environmental Learning Pada Tema Sehat Itu Penting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Kelas V Min 11 Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3316

Izzati, N., Hindarto, N., & Pamelasari, S.D. (2013). Pengembangan Pedoman Tematik dan Inovatif Berkarakter pada Tema Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(2), 183-188. Doi:10.15294/jpii.v2i2.2721

Khoiriyah, L. F. (2015). Implementasi Model Environmental Learning dalam mewujudkan Kepedulian Lingkungan pada Mahasiswa IV SDN Dinoyo2 Malang. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Kedosenan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/6790/1/11140133.pdf

Landriany, E. (2014). Implementasi Kebijakan Adiwiyata dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. 2(1), 82-88. Doi: https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i1.1739

Listiawati, N. (2013). Pelaksanaan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Oleh Beberapa Lembaga. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(3), 430-450. https://media.neliti.com/media/publications/120796-none-acfb4625.pdf

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1: 159. Doi: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Murti, W., & Maya, S. (2021). The Effectiveness Of Environmental Learning Model On Students’ Motivation And Learning Outcomes. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 24(2), 255-263. https://doi.org/10.24252/lp.2021v24n2i8

Murti, W., & Anas, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 8(2), 80-94. https://doi.org/10.24252/jb.v8i2.16119

Nomura, K. (2009). A Perspective on Education for Sustainable Development: Historical Development of Environmental Education in Indonesia. International Journal of Educational Development, 29(6), 621–627. Doi:10.1016/j.ijedudev.2008.12.002.

Oemar H. (2007). Metode belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsiti.

Prabawani, B., Hanika, I.M., Pradhanawati, A., & Budiatmo, A. (2017). Primary Schools EcoFriendly Education in The Frame of Education for Sustainable Development. International Journal of Environmental & Science Education. 12(4), 607-616. Doi: http://www.ijese.net/makale/1831.html.

Prasetiyo, W. H., & Suyanto, T. (2013). Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Kampung Hijau Di Kampung Margorukun Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 2(1). 302-316. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/3721/1978

Sudijono, A. (1998). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Gradindo Persada.

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Published
2022-03-25
How to Cite
Murti, W., Maya, S., & Lestari, P. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN BUKU PEDOMAN PRAKTIKUM EKOLOGI TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Binomial, 5(1), 13-24. https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1240

Most read articles by the same author(s)