PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI FISIKA PADA SISWA KELAS XI SAINS 3 MAN PINRANG
Keywords:
Model Pembelajaran Group Learning, Pemahaman KonsepAbstract
Penerapan Model Pembelajaran Group Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep materi Fisika pada Siswa Kelas XI SAINS 3 MAN Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran group learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi fisika pada siswa kelas XI SAINS 3 MAN Pinrang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 tahap, tahap pertama adalah kegiatan siklus I dan siklus II sedangkan tahap kedua adalah penyempurnaan data dan penyusunan Laporan.Setelah dilaksanakannya model pembelajaran Group Learning, hasil belajar siswa meningkat. Siklus I dengan persentase Rata-rata dari hasil belajar siswa dan ketuntasan belajar 72,92% , sedangkan pada siklus II Persentase rata-rata hasil belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa 81,24%. Dari data tersebut jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.