PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA MATERI ENERGI SISWA KELAS XI SAINS 5 MAN PINRANG
Abstract
Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Materi Energi Siswa Kelas XI Sains 5 MAN Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran active learning tipe quiz team dapat meningkatkan hasil belajar di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK).Penelitian ini dilakukan dalam 2 tahap, tahap pertama adalah kegiatan siklus I dan siklus II sedangkan tahap kedua adalah penyempurnaan data dan penyusunan Laporan.Setelah dilaksanakannya model Active Learning Tipe Quiz Team hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa meningkat. Siklus I dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 70,38 dan ketuntasan belajar siswa 61,1%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 81,24 dan ketuntasan belajar siswa 77,8%.
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.