HUBUNGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.46918/karst.v4i1.946Keywords:
Hubungan, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Hubungan Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis dengan sampel sebanyak 10 artikel pada jurnal nasional dan instrument yang digunakan adalah Human Instrument. Hasil dari penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika. Dari hubungan tersebut maka model pembelajaran problem based learning (PBL) memberikan pengaruh tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika
Downloads
Published
Issue
Section
License
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.