HUBUNGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA

  • Nur Arifah Universitas PGRI Semarang
  • Fitriani Kadir Universitas Muslim Maros
  • Harto Nuroso Universitas PGRI Semarang
Keywords: Hubungan, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Hubungan Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara model pembelajaran problem based learning  (PBL) dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis dengan sampel sebanyak 10 artikel pada jurnal nasional dan instrument  yang digunakan adalah Human Instrument. Hasil dari penelitian meta-analisis menunjukkan  bahwa  adanya  hubungan  yang  signifikan  antara  model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan kemampuan berpikir kritis siswa   pada   pembelajaran   fisika.   Dari   hubungan   tersebut   maka   model pembelajaran   problem based learning (PBL) memberikan pengaruh tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika

Published
2021-06-28
How to Cite
Arifah, N., Kadir, F., & Nuroso, H. (2021). HUBUNGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 4(1), 14-20. https://doi.org/10.46918/karst.v4i1.946