PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN GETARAN PADA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ) 1 SMK NEGERI 2 PINRANG

Authors

  • Fitriani Kadir Universitas Muslim Maros

Keywords:

Pemanfaatan Proyek, Pemahaman Konsep Berpikir Kreatif

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Pemanfaatan Proyek untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Berfikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Getaran pada Kelas X Teknik Komputer Jaringan 1 SMK Negeri 2 Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Pemanfaatan Proyek dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep Berfikir Kreatif Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Pada Kelas X Teknik Komputer Jaringan 1 SMK Negeri 2 Pinrang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian PTK yang menggunakan siklus I dan siklus II yang sifatnya kuntitatif deskriptifdan pendekatan penelitian adalah lebih mengutamakan pedagogik dan psikologis.Instrumen penelitian yang digunakan adalah survei awal dan pengujian.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh informasi bahwa jumlah siswa yang tuntas belajar individual yaitu 35 orang serta tidak ada lagi siswa yang tidak tuntas belajar. Rata-rata kelas pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 8,17 pada siklus I dan 8,31 pada siklus II,  ketuntasan belajar individu ialah 97,66% dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%.

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN GETARAN PADA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ) 1 SMK NEGERI 2 PINRANG. (2018). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 1(1), 1-7. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/94