ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARRU

Authors

  • Nur Amaliah Akhmad author

DOI:

https://doi.org/10.46918/karst.v2i2.780

Keywords:

Kesulitan Belajar, Pembelajaran IPA, SMP 1 Barru

Abstract

Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik terhadap Proses Pembelajaran IPA pada Kelas VIII  SMP Negeri 1 Barru. Kesulitan belajar pada anak sering ditemukan pada proses pembelajaran dikelas. Peserta didik  yang memiliki kesulitan belajar memiliki karakteristik sendiri dalam proses belajarnya. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan pada  pembelajaran IPA semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan feskriptif Kualitatif dengan Populasi penelitian merupakan peserta didik kelas VIII SMP Negeri  Barru. Sampel ditarik dengan menggunakan metode random sampling dan diperoleh kelas VIII4. Data diperoleh dengan menggunakan angket, observasi langsung dan wawancara tidak terstruktur. Indikator kesulitan belajar mencakup faktor fisiologis, Psikologi, sosial,sarana dan prasana, metode pembelajaran serta peran guru dalam proses belajar dikelas.

Downloads

Published

2020-12-28

How to Cite

ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARRU. (2020). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 2(2), 60-63. https://doi.org/10.46918/karst.v2i2.780