ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARRU
DOI:
https://doi.org/10.46918/karst.v2i2.780Keywords:
Kesulitan Belajar, Pembelajaran IPA, SMP 1 BarruAbstract
Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik terhadap Proses Pembelajaran IPA pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Barru. Kesulitan belajar pada anak sering ditemukan pada proses pembelajaran dikelas. Peserta didik yang memiliki kesulitan belajar memiliki karakteristik sendiri dalam proses belajarnya. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan pada pembelajaran IPA semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan feskriptif Kualitatif dengan Populasi penelitian merupakan peserta didik kelas VIII SMP Negeri Barru. Sampel ditarik dengan menggunakan metode random sampling dan diperoleh kelas VIII4. Data diperoleh dengan menggunakan angket, observasi langsung dan wawancara tidak terstruktur. Indikator kesulitan belajar mencakup faktor fisiologis, Psikologi, sosial,sarana dan prasana, metode pembelajaran serta peran guru dalam proses belajar dikelas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.