EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMAN 3 PINRANG
DOI:
https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.730Abstract
Abstrak: Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Media Animasi terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMAN 3 Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media animasi Macromedia Flash terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik kelas X SMAN 3 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain The Matching Postest Only Control Group Design. Populasi dari penelitian tersebut sebanyak 4 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas kontrol dan eksperimen dengan tehnik Matching Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial serta setiap instrumen dianalisis setelah divalidasi oleh pakar. Hasil penilitian menunjukkan adanya perbedaan pemahaman konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol di mana skor rata-rata post test kelas Eksperimen sebesar 62,38 sedangkan pada kelas kontrol 45,43. Analisis inferensial menunjukkan nilai thitung = 3,87 dan ttabel = 2,04. Berdasarkan ketentuan, thitung lebih besar dari pada ttabel ( thitung>ttabel ) yaitu (3,87>2,04). Dari data tersebut dapat dikatakan H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika siswa yang diajar dengan menggunakan media animasi dengan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan media animasi pada kelas X SMAN 3 Pinrang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.






94.jpg)













