HUBUNGAN PENALARAN FORMAL DENGAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN MODEL MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.729Keywords:
penalaran formal, pemahaman konsep fisikaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penalaran formal dan pemahaman konsep fisika peserta didik serta hubungan antara keduanya. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi tunggal. Populasi penelitian berjumlah 400 orang. Sampel berjumlah 210 orang yang dipilih dengan teknik purporsionate random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran formal peserta didik berada pada level sedang dan pemahaman konsep fisika peserta didik berada pada level sedang. Kedua variabel memiliki kekuatan hubungan yang berlevel sedang, dengan nilai koefisien korelasi r = 0,441. Hasil pengujian signifikansi menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel, yaitu 7,086>1,971, sehingga disimpulkan bahwa penalaran formal memiliki hubungan yang signifikan dengan pemahaman konsep peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.