PENERAPAN STRATEGI REFLEKSI PADA AKHIR PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA
DOI:
https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.573Keywords:
berpikir kreatif, keterampilan berpikir, strategi refleksiAbstract
Abstrak: Penerapan Strategi Refleksi pada Akhir Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Fluida. Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik belum mampu menciptakan gagasan atau inovasi baru dalam menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan bepikir kreatif peserta didik sebelum dan setelah diajar dengan pembelajaran strategi refleksi pada akhir pembelajaran. Jenis penelitian adalah pra eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest, yang terdiri dari tiga tahap, yaitu pretest, perlakuan, dan posttest. Penelitian ini berlangsung selama dua bulan. Sampel dalam peneliyian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Makassar yang berjumlah 30 orang peserta didik. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kreatif yang telah divalidasi oleh dua orang pakar. Hasil analisis statistic pretest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 9,4 dan nilai rata-rata posttest sebesar 28,1. Sedangkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan diperoleh thitung > ttabel, yaitu 20,287 > 2,048 pada uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi refleksi pada akhir pembelajaran keterampilan berpikir kreatif peserta didik mengalami peningkatan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.