HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGENALI DIRI DAN KEMAMPUAN MENGONTROL DIRI TERHADAP INTENSI MENCONTEK MATA PELAJARAN FISIKA SISWA MA MADANI ALAUDDIN PAO-PAO KAB. GOWA
DOI:
https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.565Keywords:
intensi mencontek, mengenali diri, mengontrol diriAbstract
Abstrak: Hubungan antara Kemampuan Mengenali Diri dan Kemampuan Mengontrol Diri dengan Intensi Mencontek Siswa MA Madani Alauddin Pao-Pao Kab. Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk menginterpretasikan hubungan antara kemampuan mengenali diri dan kemampuan mengontrol diri dengan intensi mencontek mata pelajaran fisika siswa MA Madani Alauddin Pao-Pao Kab. Gowa. Populasinya adalah seluruh siswa dengan teknik sampel Proportional Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kemampuan mengenali diri siswa dan kemampuan mengontrol diri berada pada kategori cukup. Serta skor rata-rata intensi menyontek mata pelajaran fisika siswa berada pada kategori sedang. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung adalah 179,38 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,26. Dengan demikian, nilai Fhitung jauh lebih besar dari pada nilai Ftabel maka Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kemampuan mengenali diri dan kemampuan mengontrol diri dengan intensi menyontek mata pelajaran fisika siswa MA Madani Alauddin Pao-Pao Kab. Gowa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.