HUBUNGAN KINERJA DAN KEPRIBADIAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI SE KABUPATEN BANTAENG

Authors

  • Napsawati Napsawati author

Keywords:

Kinerja guru, kepribadian guru, motivasi belajar

Abstract

Abstrak: Hubungan Kinerja dan Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri Se Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Tujuan penelitian yaitu (1) mengetahui hubungan kinerja guru dengan motivasi belajar fisika peserta didik, (2) mengetahui hubungan kepribadian guru  dengan motivasi belajar fisika peserta didik, (3) mengetahui hubungan kinerja dan kepribadian guru secara bersama-sama dengan motivasi belajar fisika peserta didik. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng. Penelitian terdiri atas dua variabel independen dan satu variabel dependen. Populasi berjumlah 545 peserta didik yang tersebar diseluruh kelas XI jurusan IPA SMA Negeri se Kabupaten Bantaeng, kemudian berdasarkan sistem random sampling diperoleh 231 jumlah sampel.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala model likert. Data yang diperoleh diolah dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yang terdiri dari analisis korelasi dan regresi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapt hubungan yang kuat antara kinerja guru dengan motivasi belajar fisika, terdapat hubungan yang kuat antara kepribadian guru dengan motivasi belajar fisika dan terdapat hubungan yang sangat kuat antara kinerja dan kepribadian guru secara bersama-sama dengan motivasi belajar fisika peserta didik.

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

HUBUNGAN KINERJA DAN KEPRIBADIAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI SE KABUPATEN BANTAENG. (2019). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 2(2), 64-70. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/424