UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PESERTA DIDIK SMP UNISMUH MAKASSAR

Authors

  • Salwa Rufaida author
  • Izatul Mubarokah author

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas (PTK), experiential learning, keterampilan berpikir kreatif

Abstract

Abstrak: Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Model Experiential Learning Peserta Didik SMP Unismuh Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah model experiential learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMP Unismuh Makassar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA SMP Unismuh Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 17 orang.  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Data hasil observasi dianalisis secara kualitatif dan data  skor pencapaian keterampilan berpikir kreatif dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya  peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 61,6 dan pada siklus II menjadi 77,2. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model experiential learning bagi peserta didik kelas VIIA SMP Unismuh Makassar dalam proses pembelajaran, maka keterampilan berpikir kreatif dapat meningkat.

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PESERTA DIDIK SMP UNISMUH MAKASSAR. (2019). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 2(2), 46-55. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/419