PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH BUNGORO
Keywords:
minat, pemahaman konsep, Problem Based LearningAbstract
Abstrak: Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Bungoro. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research development) yang menghasilkan perangkat pembelajaran yaitu: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Buku Siswa (BS), (3) Lembar kerja siswa (LKS), dan (4) tes pemahaman konsep. Penelitian ini menggunakan desain pra eksprimen untuk mengetahui seberapa besar pemahaman konsep fisika siswa dalam pokok bahasan getaran dan gelombang setelah diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah.
Data yang diperoleh dianalisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran, minat belajar dan mendeskripsikan pemahaman konsep fisika. Sedangkan analisis inferensial digunakan untuk menguji normalitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi buku siswa, lembar kegiatan siswa (LKS), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan tes pemahaman konsep fisika setelah dilakukan validasi dan uji coba maka perangkat tersebut dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika. Demikian juga dengan minat belajar siswa setelah diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah masuk dalam kategori berminat. Sedangkan hasil pemahaman konsep fisika siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dimana sebelum diterapkan pembelajaran berbasis masalah pemahaman konsepnya belum mencapai ketuntasan klasikal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.