PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH BUNGORO

Authors

  • Yusdarina Yusdarina Universitas Muslim Maros

Keywords:

minat, pemahaman konsep, Problem Based Learning

Abstract

Abstrak: Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Bungoro. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research development) yang menghasilkan perangkat pembelajaran yaitu: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Buku Siswa (BS), (3) Lembar kerja siswa (LKS), dan (4) tes pemahaman konsep. Penelitian ini menggunakan desain pra eksprimen untuk mengetahui seberapa besar pemahaman konsep fisika siswa dalam pokok bahasan getaran dan gelombang setelah diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah.

Data yang diperoleh dianalisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran, minat belajar  dan mendeskripsikan pemahaman konsep fisika. Sedangkan analisis inferensial digunakan untuk menguji normalitas data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi buku siswa, lembar kegiatan siswa (LKS), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan tes pemahaman konsep fisika setelah dilakukan validasi dan uji coba maka perangkat tersebut dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika. Demikian juga dengan minat belajar siswa setelah diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah masuk dalam kategori berminat. Sedangkan hasil pemahaman konsep fisika siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dimana sebelum diterapkan pembelajaran berbasis masalah pemahaman konsepnya belum mencapai ketuntasan klasikal.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH BUNGORO. (2019). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 2(1), 8-17. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/255