PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI LUBUKLINGGAU MATERI GELOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.46918/karst.v7i2.2341Keywords:
handouts, problem based learning, interests and learning resultsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan handout berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan, peningkatan minat belajar siswa dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Pengembangan atau atau Research and Development (R&D). Subjek peneilitian ini sebanyak 40 peserta didik kelas XI. Penelitian dilakukan sebanyak 2 Pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon dan soal test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan handout berbasis problem based learning telah layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi dengan hasil ahli media sebesar 42, ahli bahasa sebesar 57, dan ahli materi sebesar 39, ketiga validasi dari validator tersebut masuk dalam kategori sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran. Dapat dibuktika dengan hasil minat belajar siswa menggunakan handout berbasis problem based learning sebesar 69,63% dengan kategori Tinggi, sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan sebesar 0,50 dengan kategori sedang. dengan demikian dapat dikatakan bahwa handout berbasis problem based lerning dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa.
References
Fitrianingrum, M., A. Pembelajaran Fisika. Sumatera barat: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim, 2023.
Lestari, et al. Model -Model Pembelajaran Untuk Kurikulum Merdeka Di Era Society 5.0. Bali: NILACAKRA, 2023.
Lusiani, et all. Fisika Terapan. Yogyakarta: ZAHIR PUBLISHING, 2021.
Mariana, I Made A. & Wandy, P. Hakikat IPA Dan Pendidikan IPA. Bandung: PPPPTK IPA, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
Suherman. Implementasi Kurikulum Merdeka Teori Dan Praktik Kurikulum Merdeka Belajar Penjas SD. Bandung: Indonesia Emas Group, 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.