EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MAGNETIC FIELD METER BERBASIS ARDUINO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA/MA

  • Aghnia Nadhira Afa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ahmad Fahruddin
  • Dadi Rusdiana
  • Maryam Musfiroh
Keywords: arduino, learning outcomes, magnetic fields, learning media

Abstract

The Effectiveness of Arduino-Based Magnetic Field Meter as Learning Media to Improve Physics Learning Outcomes of SMA/MA Students. This study aims to determine the effectiveness of Arduino-based magnetic field meter as learning media to improve physics learning outcomes for SMA/MA students. This research is an experimental research with one group pretest posttest research design. The sample of this research was 24 students of XII MIPA from one of the MA in Garut. Data were analyzed using the <g> calculation to determine the level of improvement in student learning outcomes. Based on the data analysis, the result of the calculation <g> was 0.9118, which means that the increase in student learning outcomes was in the high category. It can be concluded that the Arduino-based magnetic field meter as learning media is effective for improving student learning outcomes in magnetic field subject.

 

References

Agustina, Wahyono, U., & Saehana, S. (2021). Pengembangan Media Alat Praktikum Pelayangan Gelombang Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 08(2), 168–183. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jipf.v8i2.14420

Badan Standar, K. dan A. I. (2022). Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. Retrieved December 15, 2022, from Laman Litbang website: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf

Doyan, A., Khairunnisa, D. S., & Zuhdi, M. (2022). Pengembangan Media Alat Ukur Percepatan Gravitasi Berbasis Arduino Nano untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Kappa Journal, Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Hamzanwadi, 6(2). Retrieved from https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/article/view/6797/pdf

Fadhila, A. N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Menggunakan Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Medan Magnet. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 53–70. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i1-4

Hendratno, B. (2021). Penggunaan Media Jarum Bergoyang dalam Materi Medan Magnet untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 1(2), 2. Retrieved from https://jurnalp4i.com/index.php/educator/article/view/727/757

Kurnianto, A. Y., & Musyahar, G. (2020). Rancang Bangun Trainer Media Pembelajaran Arduino Uno di SMK Dwija Paraja Pekalongan. Cahaya Bagaskara : Jurnal Ilmiah Teknik Elektronika, 5(1), 2020. Retrieved from https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/cahaya_bagaskara/index

Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2021). Efektivitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2). Retrieved from http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/

Masyruhan, M., Pratiwi, U., & al Hakim, Y. (2020). Perancangan Alat Peraga Hukum Hooke Berbasis Mikrokontroler Arduino sebagai Media Pembelajaran Fisika. S P E K T R A: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(2). https://doi.org/10.32699/spektra.v6vi2i.145

N Dethan, J. F., Daniawan, B., Wijaya, H., Safitri, R. D., Lasut, D., Suwitno, … Noviany, C. (2022). Peningkatan Minat Pelajar untuk Mempelajari Sistem Otomasi Berbasis Arduino. Samuel P. S. Simanjuntak, 2(2). Retrieved from https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/ad/article/view/1739

Nugroho, P. S., & Septiani, D. (2022). Penggunaan Blended Learning Mata Pelajaran IPA Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kemagnetan. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(2). Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/12322/5383

Pambudi, Y. T., Widorotama, A., Fahri, A. S., & Farkhan, M. (2022). Korelasi Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan & Rekreasi), 5(1), 158–167. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1

Prastyaningrum, I., Kartikawati, S., & Antika, R. (2020). Pengaruh Media Kit GGL Induksi Elektromagnetik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep GGL Induksi. G-Tech, 3(2). https://doi.org/10.33379/gtech.v3i2.421

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0.” Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076

Rusimamto, P. W., & Ramadhan, R. A. (2021). Efektifitas dan Kepraktisan Training Kit Robot Transporter dengan Aplikasi Android Berbasis Arduino. Journal Information Engineering and Educational Technology, 5. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jieet/article/view/14923

Simamora, T. (2021). Penerapan Pembelajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fisika Tentang Medan Magnet di Kelas XI TKP B SMKN 2 Bogor. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(4), 2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32832/jpg.v2i4.5629

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian (Vol. 12). Bandung: Alfabeta.

Syahirah Khairunnisa, D., Doyan, A., Zuhdi, M., & Khairunnisa, D. S. (2022). Pengembangan Media Alat Ukur Percepatan Gravitasi Berbasis Arduino Nano untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik. ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika , 8(2). Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/11441/5630

Wong, T. M. (2019). Teaching innovations in Asian higher education: perspectives of educators. Asian Association of Open Universities Journal, 13(2), 179–190. https://doi.org/10.1108/AAOUJ-12-2018-0032

Published
2023-06-21
How to Cite
Afa, A., Fahruddin, A., Rusdiana, D., & Musfiroh, M. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MAGNETIC FIELD METER BERBASIS ARDUINO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA/MA. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.46918/karst.v6i1.1640