PERBANDINGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE DAN MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 11 TAKALAR

Authors

  • Imam Permana UIN Alauddin Makassar
  • Sopyana Sopyana UIN Alauddin Makassar
  • Muh. Rapi UIN Alauddin Makassar
  • Fitriani Kadir Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.46918/karst.v5i2.1629

Keywords:

Multimedia Interaktif, Lectora Inspire, Moodle, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan multimedia interaktif Lectora Inspire dengan yang diajar menggunakan multimedia interaktif Moodle di kelas XI IPA SMAN 11 Takalar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian Posttest only control design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbantuan multimedia interaktif Lectora Inspire maupun Moodle berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA di SMAN 11 Takalar. Berdasarkan uji hipotesis dengan thitung  lebih  besar dari t tabel  maka disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan multimedia interaktif  Lectora Inspire dan  Moodle.

References

Andika Puspita Sari & Ananda Setiawan.2018. The Development of Internet-Based Economic Learning Media using Moodle Approach. International Journal of Active Learning. 3 (2): 100-109.

Fitra Rizki.2019.Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Berbasis Metode Problem Solving pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Kelas VIII. Skripsi. Lampung : UIN Raden Intan Lampung.

Husein, Sadam, Lovy Herayanti, dan Gunawan.2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. 1 (3) :221–25

Istiqlal Muhammad.2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat. 2(1):. 44.

Rahmat Karuniawan. Dkk.2019. Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Fisika pada Materi Fluida Statis dengan Menggunakan Program Lectora Inspire. Jurnal Pendidikan. 3(1): 1-7.

Sari, Andika, dan Ananda Setiawan.2018. The Development of Internet-Based Economic Learning Media Using Moodle Approach. International Journal of Active Learning. 3 (2): 100–109.

Sudjana Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Wulandari,dkk. 2017. Pembuatan Media Pembelajaran dengan Lectora Inspire. Yogyakarta : UNY.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

PERBANDINGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE DAN MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 11 TAKALAR. (2022). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 5(2), 29-36. https://doi.org/10.46918/karst.v5i2.1629