PERBANDINGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE DAN MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 11 TAKALAR
DOI:
https://doi.org/10.46918/karst.v5i2.1629Keywords:
Multimedia Interaktif, Lectora Inspire, Moodle, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan multimedia interaktif Lectora Inspire dengan yang diajar menggunakan multimedia interaktif Moodle di kelas XI IPA SMAN 11 Takalar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian Posttest only control design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbantuan multimedia interaktif Lectora Inspire maupun Moodle berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA di SMAN 11 Takalar. Berdasarkan uji hipotesis dengan thitung lebih besar dari t tabel maka disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan multimedia interaktif Lectora Inspire dan Moodle.
References
Andika Puspita Sari & Ananda Setiawan.2018. The Development of Internet-Based Economic Learning Media using Moodle Approach. International Journal of Active Learning. 3 (2): 100-109.
Fitra Rizki.2019.Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Berbasis Metode Problem Solving pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Kelas VIII. Skripsi. Lampung : UIN Raden Intan Lampung.
Husein, Sadam, Lovy Herayanti, dan Gunawan.2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. 1 (3) :221–25
Istiqlal Muhammad.2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat. 2(1):. 44.
Rahmat Karuniawan. Dkk.2019. Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Fisika pada Materi Fluida Statis dengan Menggunakan Program Lectora Inspire. Jurnal Pendidikan. 3(1): 1-7.
Sari, Andika, dan Ananda Setiawan.2018. The Development of Internet-Based Economic Learning Media Using Moodle Approach. International Journal of Active Learning. 3 (2): 100–109.
Sudjana Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Wulandari,dkk. 2017. Pembuatan Media Pembelajaran dengan Lectora Inspire. Yogyakarta : UNY.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.