PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN PENGUKURAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.46918/karst.v5i2.1539Keywords:
video animasi, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media video animasi terhadap hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini yakni true experiment dengan desain penelitian “pretest-posttest control group design”. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Jember pada semester ganjil TA. 2022/2023. Sampel penelitian yakni X.3 selaku kelas kontrol dan X.4 selaku kelas eksperimen. Pada kelas kontrol dilaksanakan pembelajaran seperti yang biasa diajarkan di sekolah, sedangkan pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran menggunakan media video animasi. Teknik analisis data memakai uji homogenitas, uji normalitas, uji independent sample t-test. Hasil analisis data hasil belajar siswa didapat nilai Sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan secara signifikan dari nilai rataan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan media video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
References
Apriliyanti, E. 2017. Efektivitas Model Karti Arisan dan Metode TGT (Team Games Tournament) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Bahan Penyusun Benda Kelas V di MI Futuhiyyah Mranggen Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Ferry, D., Jepriadi, dan D. Kamil. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Media Video Animasi Tiga Dimensi (3D). Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 3(2) : 8.
Hapsari, G. P. P. dan Zulherman. 2021. Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu. 5(4) : 2384.
Husni, P. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.
Kusumawardhani, M. L., T. Prihandono, dan F. K. A. Anggraeni. 2022. Analisis Respon Peserta Didik Terhadap Media Video Animasi Mneggunakan Sparkol Videoscribe Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika. 11(1) : 14.
Majora, C. dan R. Rahmadani. 2022. Video Pembelajaran Animasi Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia. 1(1): 220.
Mewengkang, A., M. J. Rampe, dan S. C. Pailingan. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Laju Reaksi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Jornal Of Chemistry Education. 2(1) : 31-32.
Rismayanti, Ayu. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Lurus Kelas X Di Mas Babun Najah Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.
Samudra, G. B., I. W. Suastra, dan K. Suma. 2014. Permasalaham-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 4(1) : 2.
Yunita, L. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMP 1 Darussalam. Skripsi. Banda Aceh : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.