PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Muh. Syihab Ikbal UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1127

Keywords:

problem based learning, children learning in science, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini merupakakn penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran PBL berbasis CLIS dan model konvensional serta mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching only post test group design. Populasi penelitian berjumlah 136 orang yang tersebar pada 4 kelas. Sampel penelitian berjumlah 36 orang yang tersebar pada 2 kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor motivasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran PBL berbasis CLIS lebih besar dari model konvensional, yaitu 77,97 > 66,75 Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai thitung > ttabel (9.081>1,997), sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbasis CLIS memiliki pengaruh yang lebih baik dari model konvensional, terhadap motivasi belajar peserta didik.

Downloads

Published

2021-12-18

How to Cite

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. (2021). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 4(2), 50-61. https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1127