PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

Authors

  • Reski Idamayanti Uiversitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.774

Keywords:

kesiapan belajar, prestasi belajar

Abstract

Pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan fisika Universitas Muslim Maros. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesiapan (readiness) Belajar terhadap Prestasi belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muslim Maros. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas (X) Kesiapan Belajar dan Variabel terikat (Y) Prestasi belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan korelasi product-moment dan uji-t. Analisis ini digunakan untuk menguji hipotesis mengenai ada tidaknya pengaruh antara kedua variabel. Sample penelitian ini menggunakan sample acak. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho: Tidak Ada Pengaruh Kesiapan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi belajar dan Ha: Ada Pengaruh Kesiapan Belajar Mahasiswa terhadap Prestasi belajar dengan taraf signifikansi 5% atau dengan taraf kepercayan 95% dengan metode deskriptif korelasional. Berdasarkan kesiapan belajar rata-rata sebesar 84,36 % sedangkan analisis prestasi belajar (Mid) mahasiswa rata-rata 74,25. Dalam pengujian tersebut ???????? diterima dan ????0 ditolak yang berati diantara kesiapan belajar ada pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar.

Downloads

Published

2020-12-26

How to Cite

PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS MUSLIM MAROS. (2020). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(2), 71-75. https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.774