PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP EKSTRAPOLASI ANTARA METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI

  • Jusman Manjeng UIN Alauddin Makassar
  • Hajeriati Jail
Keywords: pemahaman ekstrapolasi, inkuiri terbimbing, inkuiri bebas termodifikasi

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan  pemahaman ekstrapolasi antara mahasiswa yang diajar dengan menggunakan motode pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi dengan motode inkuiri terbimbing pada Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar. Pemilihan sampel melalui teknik simple random sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman ekstrapolasi, dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji T-2 sample independent. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif diperoleh hasil tes pemahaman ekstrapolasi dengan menggunakan inkuiri bebas termodifikasi dan inkuiri terbimbing  mahasiswa pendidikan fisika  dikategorikan dalam kategori sedang. Selanjutnya, untuk statistik inferensial menyatakan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,12 >1,98 dengan H0  ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman ekstrapolasi antara motode pembelajaran inkuiri  bebas termodifikasi dengan inkuiri terbimbing mahasiswa pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar.

Published
2020-12-26
How to Cite
Manjeng, J., & Jail, H. (2020). PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP EKSTRAPOLASI ANTARA METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(2), 54-61. https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.698