ANALISIS SITUASI PEMBELAJARAN IPA FISIKA DENGAN METODE DARING DI TENGAH WABAH COVID-19
Abstract
Covid-19. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.adapun lokasi penelitian yaitu Dusun Seppange, Desa Tungk,Kecamatan Bengo Kabupaten Bone. Informan dalam penelitian ini yaitu peserta didik MTS DDI Seppange dan Guru Mata Pelajaran IPA Fisika MTS DDI Seppange. Fokus penelitian ini yaitu situasi pembelajaran IPA Fisika dengan metode pembalajaran online atau daring di tengah wabah Covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, dan observasi. . Teknik analisis data dalam penelitian ini yang mengacu pada masalah penelitian yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan metode pembelajaran konvensional yang dilakukan secara diskusi, tanya jawab dan tatap muka secara langsung antara guru dan peserta didik menjadi pembelajaran dengan metode daring akibat pandemik wabah Covid -19 menimbulkan masalah baru dalam proses pembelajaran diantaranya, situasi pembelajaran yang kurang kondusif, kesulitan guru dalam mentransfer materi pelajaran kepada peserta didik. Selanjutnya kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran khusunya materi perhitungan, keterbatasan sebagian peserta didik dan/atau orang tua peserta didik dalam membeli data internetan dan jaringan internet yang kurang bagus mengharuskan aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah aplikasi Massenger.
Selanjutnya dalam menghadapi kendala tersebut, guru mata pelajaran IPA Fisika MTS DDI Seppange berusaha untuk memberikanmateri secara bertahap dengan bahasa yang sederhada dan mudah dimengerti untuk membantu peserta didik dalam memahami materi yang ada.
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.