Modul Digital Berbasis Literasi Sains Untuk IPA Terpadu: Pengembangan Dan Uji Kelayakan

Authors

  • Juniar Afrida Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46918/karst.v8i2.2927

Keywords:

Alessi & Trollip; flipbook; IPA terpadu; literasi sains; modul digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital berbasis literasi sains untuk mata kuliah IPA Terpadu dan menguji kelayakannya melalui validasi ahli serta respons mahasiswa. Pengembangan dilakukan menggunakan model Alessi & Trollip yang meliputi tahap perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi ahli media (n = 5), ahli materi (n = 7), dan kuesioner respons mahasiswa (n = 43) yang dianalisis menggunakan skala Likert dan uji reliabilitas Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul digital yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dengan skor validasi ahli media sebesar 82,21%, ahli materi 81,51%, dan gabungan 81,87% (kategori Sangat Layak). Respons ketertarikan mahasiswa juga sangat positif dengan persentase 82,71% (Sangat Tertarik). Uji reliabilitas instrumen menunjukkan konsistensi internal sangat tinggi (α = 0,87–0,91), menegaskan bahwa instrumen penilaian yang digunakan reliabel. Meskipun demikian, indikator kesesuaian materi dengan perkembangan IPTEK memperoleh nilai terendah (69,80%, kategori Layak). Secara keseluruhan, modul digital berbasis literasi sains dinilai layak dan potensial untuk mendukung pembelajaran mandiri, penguatan pemahaman konseptual, serta peningkatan literasi sains mahasiswa.

References

Afkar, R., Afrida, J., & Nasir, M. (2024). Profil Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi di Tingkat SMA / MA. Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training, 13(01), 27–45. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/ji.v13i1.24740

Afrida, J. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Sains Berdasarkan Kerangka PISA Dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pembelajaran Fisika, 13(2), 95–106.

Afrida, J., Nisa, A. W., & Alaidin, S. F. (2023). Desain Media Pembelajaran Menggunakan Software Lectora Inspire pada Materi Fluida Statis Tingkat SMA / MA. Desultanah:Journal Education and Social Science, 1(2), 28–45. https://doi.org/ttps://doi.org/10.69548/d-jess.v1i2.13

Afrida, J., Ramadhan, M. D. S., & Alaidin, S. F. (2023). Elevating Insights: Progressive E-Booklet Development In Temperature And Heat. Edu Fisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 369–377. https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i3.29630

Anam, N. (2010). Pengembangan Pembelajaran Berbasis E-Learning Perspektif Alessi&Trollip. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 5(2), 17–31.

Anwar, D., Umar, M. K., Uloli, R., & Buhungo, T. J. (2025). Pengembangan Modul Ajar Fisika Usaha Dan Pesawat Sederhana Pada Fase D Kelas VIII Menggunakan Model Assure. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 8(1), 60–68. https://doi.org/https://doi.org/10.46918/v6nwsb40

Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., Prasetya, R., & Rahmawati, Y. (2023). Four Tier-Relativity Diagnostic Test (4T-RDT) to Identify Student Misconception. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 8(1), 75–84. https://doi.org/10.26737/jipf.v8i1.3668

Azhar, M., Wahyudi, H., & Yolanda, D. (2024). Integrasi Teknologi dalam Buku Ajar: Menyongsong Keterampilan Abad 21. Uluwwul Himmah Education Research Journal, 1(1), 43–55.

Basri, S., Ibrahim, M. M., U, M. S., & Yuspiani. (2025). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Karakter (PBL-NK) Dengan Pendukung Media Digital Canva Pada Materi Fisika. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 8(1), 22–31. https://doi.org/https://doi.org/10.46918/6jv53073

Dewantaria, N., & Singgih, S. (2020). Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 03(02), 366–371.

Fatkhurrohman, M. A., Hamidah, I., Yustiana, Y. R., & Rochintaniawati, D. (2023). Kajian Literatur Kurikulum Pendidikan IPA: Konten IPA Perguruan Tinggi Abad 21. Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 04(01), 27–39. https://doi.org/https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v4i01.169

Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79.

Nadia, N., Rendini, M., & Patta, R. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Membaca Berbasis Game Edukasi Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Pinisi Journal of Education, 4(6), 253–267.

Nisa, A. W., Afrida, J., Aida, N., Almi, R., Meiyanti, R., & Andika, F. (2023). Pengembangan Media Menggunakan Software Lectora Inspire Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Statis. CEUDAH: Journal Education and Social Science, 2(1), 27–37.

Nisa, B., Afrida, J., & Idris, J. (2024). Pengembangan Media E-Book Berbasis 3D Pageflip Professional Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i1.41626

OECD. (2023). PISA 2022 Results: The State of Learning and Equity in Education: Vol. I. OECD Publishing.

Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan Media Digital Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694–705. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.589

Rahmat, R. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126.

Ramli, M., Sakti, I., Idamayanti, R., Basri, S., & Yusdarina. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Kelas X Di SMAN 4 Maros. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 7(1), 34–42. https://doi.org/https://doi.org/10.46918/karst.v7i1.2266

Sakti, I. (2020). Pengembangan Modul Elektronika Dasar Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muslim Maros. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 13–17. https://doi.org/https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.654

Sari, M. N., Mudrikah, S., Keban, Y. B., Bua, M. T., Apdoludin, Ningsih, P. E. A., Budiyono, A., Ishak, Hanifah, D. P., Dailami, A., & Cuhanazriansyah, M. R. (2024). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas & Research And Development (D. W. Mulyasari (ed.)). Pradina Pustaka.

Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021). Analysis of Science Literation Abilities Profile Prospective Teachers of Chemical Education. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 22–32.

Syukri, M., Herliana, F., Aksa, Y., Muliyati, D., Ngadimin, N., Artika, W., & Iswadi, I. (2024). E-Module Flipbook based on STEM Approach to Renewable Energy Topics as Physics Learning Media. Journal of Physics: Conference Series, 2866, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2866/1/012116

Yuzan, I. F., & Jahro, I. S. (2022). Development of Guided Inquiry-Based e-LKPD in Chemical Bonds to Measure Students’ Critical Thinking Ability. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 02(01), 54–65.

Downloads

Published

2025-12-23

How to Cite

Modul Digital Berbasis Literasi Sains Untuk IPA Terpadu: Pengembangan Dan Uji Kelayakan. (2025). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 8(2), 76-87. https://doi.org/10.46918/karst.v8i2.2927