Modul Digital Berbasis Literasi Sains Untuk IPA Terpadu: Pengembangan Dan Uji Kelayakan
DOI:
https://doi.org/10.46918/karst.v8i2.2927Keywords:
Alessi & Trollip; flipbook; IPA terpadu; literasi sains; modul digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital berbasis literasi sains untuk mata kuliah IPA Terpadu dan menguji kelayakannya melalui validasi ahli serta respons mahasiswa. Pengembangan dilakukan menggunakan model Alessi & Trollip yang meliputi tahap perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi ahli media (n = 5), ahli materi (n = 7), dan kuesioner respons mahasiswa (n = 43) yang dianalisis menggunakan skala Likert dan uji reliabilitas Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul digital yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dengan skor validasi ahli media sebesar 82,21%, ahli materi 81,51%, dan gabungan 81,87% (kategori Sangat Layak). Respons ketertarikan mahasiswa juga sangat positif dengan persentase 82,71% (Sangat Tertarik). Uji reliabilitas instrumen menunjukkan konsistensi internal sangat tinggi (α = 0,87–0,91), menegaskan bahwa instrumen penilaian yang digunakan reliabel. Meskipun demikian, indikator kesesuaian materi dengan perkembangan IPTEK memperoleh nilai terendah (69,80%, kategori Layak). Secara keseluruhan, modul digital berbasis literasi sains dinilai layak dan potensial untuk mendukung pembelajaran mandiri, penguatan pemahaman konseptual, serta peningkatan literasi sains mahasiswa.
References
Afkar, R., Afrida, J., & Nasir, M. (2024). Profil Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi di Tingkat SMA / MA. Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training, 13(01), 27–45. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/ji.v13i1.24740
Afrida, J. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Sains Berdasarkan Kerangka PISA Dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pembelajaran Fisika, 13(2), 95–106.
Afrida, J., Nisa, A. W., & Alaidin, S. F. (2023). Desain Media Pembelajaran Menggunakan Software Lectora Inspire pada Materi Fluida Statis Tingkat SMA / MA. Desultanah:Journal Education and Social Science, 1(2), 28–45. https://doi.org/ttps://doi.org/10.69548/d-jess.v1i2.13
Afrida, J., Ramadhan, M. D. S., & Alaidin, S. F. (2023). Elevating Insights: Progressive E-Booklet Development In Temperature And Heat. Edu Fisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 369–377. https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i3.29630
Anam, N. (2010). Pengembangan Pembelajaran Berbasis E-Learning Perspektif Alessi&Trollip. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 5(2), 17–31.
Anwar, D., Umar, M. K., Uloli, R., & Buhungo, T. J. (2025). Pengembangan Modul Ajar Fisika Usaha Dan Pesawat Sederhana Pada Fase D Kelas VIII Menggunakan Model Assure. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 8(1), 60–68. https://doi.org/https://doi.org/10.46918/v6nwsb40
Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., Prasetya, R., & Rahmawati, Y. (2023). Four Tier-Relativity Diagnostic Test (4T-RDT) to Identify Student Misconception. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 8(1), 75–84. https://doi.org/10.26737/jipf.v8i1.3668
Azhar, M., Wahyudi, H., & Yolanda, D. (2024). Integrasi Teknologi dalam Buku Ajar: Menyongsong Keterampilan Abad 21. Uluwwul Himmah Education Research Journal, 1(1), 43–55.
Basri, S., Ibrahim, M. M., U, M. S., & Yuspiani. (2025). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Karakter (PBL-NK) Dengan Pendukung Media Digital Canva Pada Materi Fisika. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 8(1), 22–31. https://doi.org/https://doi.org/10.46918/6jv53073
Dewantaria, N., & Singgih, S. (2020). Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 03(02), 366–371.
Fatkhurrohman, M. A., Hamidah, I., Yustiana, Y. R., & Rochintaniawati, D. (2023). Kajian Literatur Kurikulum Pendidikan IPA: Konten IPA Perguruan Tinggi Abad 21. Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 04(01), 27–39. https://doi.org/https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v4i01.169
Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79.
Nadia, N., Rendini, M., & Patta, R. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Membaca Berbasis Game Edukasi Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Pinisi Journal of Education, 4(6), 253–267.
Nisa, A. W., Afrida, J., Aida, N., Almi, R., Meiyanti, R., & Andika, F. (2023). Pengembangan Media Menggunakan Software Lectora Inspire Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Statis. CEUDAH: Journal Education and Social Science, 2(1), 27–37.
Nisa, B., Afrida, J., & Idris, J. (2024). Pengembangan Media E-Book Berbasis 3D Pageflip Professional Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i1.41626
OECD. (2023). PISA 2022 Results: The State of Learning and Equity in Education: Vol. I. OECD Publishing.
Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan Media Digital Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694–705. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.589
Rahmat, R. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126.
Ramli, M., Sakti, I., Idamayanti, R., Basri, S., & Yusdarina. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Kelas X Di SMAN 4 Maros. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 7(1), 34–42. https://doi.org/https://doi.org/10.46918/karst.v7i1.2266
Sakti, I. (2020). Pengembangan Modul Elektronika Dasar Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muslim Maros. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 13–17. https://doi.org/https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.654
Sari, M. N., Mudrikah, S., Keban, Y. B., Bua, M. T., Apdoludin, Ningsih, P. E. A., Budiyono, A., Ishak, Hanifah, D. P., Dailami, A., & Cuhanazriansyah, M. R. (2024). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas & Research And Development (D. W. Mulyasari (ed.)). Pradina Pustaka.
Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021). Analysis of Science Literation Abilities Profile Prospective Teachers of Chemical Education. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 22–32.
Syukri, M., Herliana, F., Aksa, Y., Muliyati, D., Ngadimin, N., Artika, W., & Iswadi, I. (2024). E-Module Flipbook based on STEM Approach to Renewable Energy Topics as Physics Learning Media. Journal of Physics: Conference Series, 2866, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2866/1/012116
Yuzan, I. F., & Jahro, I. S. (2022). Development of Guided Inquiry-Based e-LKPD in Chemical Bonds to Measure Students’ Critical Thinking Ability. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 02(01), 54–65.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juniar Afrida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.






94.jpg)













