Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Karakter (PBL-NK) dengan Pendukung Media Digital Canva pada Materi Fisika

Authors

  • Syamsuriana Basri Universitas Muslim Maros, Indonesia
  • Misykat Malik Ibrahim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Muhammad Shabir U Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Yuspiani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46918/6jv53073

Keywords:

canva, phisycs, physics, teaching module, character values, PBL-NK

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul ajar fisika berbasis PBL-NK yang valid dan didukung media digital Canva. Penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, namun dibatasi pada tiga tahap awal: analisis, desain, dan pengembangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan lembar validasi. Observasi dan wawancara digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan guru dan peserta didik, sedangkan lembar validasi menilai aspek isi, bahasa, penyajian, integrasi nilai karakter, dan penggunaan media Canva. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik Gregory, sementara data kualitatif dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis PBL-NK dengan dukungan media digital Canva dinyatakan valid berdasarkan penilaian para ahli, serta berpotensi untuk digunakan sebagai inovasi pembelajaran yang selaras dengan Kurikulum Merdeka.

References

Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., Maya, S., Aisyah, S., & Sakti, I. (2023). Peningkatan kemampuan literasi digital di lingkungan pendidikan berbasis aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 96–103. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65

Basri, S., Ibrahim, M. M., & Shabir, M. U. (2025). PBL model experiment with character value approach to improve cognitive, affective, and psychomotor competencies in physics learning. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 295-306.https://doi.org/10.59653/ijmars.v3i01.1432

Basri, S., Ibrahim, M. M., Yuspiani, Y., Shabir, M. U., & Sakka, A. R. (n.d.). Development of integrated PBL model of character values using ADDIE to improve physics learning outcomes. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 54(62), 5442–5454.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. London: Springer.

Direktorat Sekolah Dasar. (2024). Profil Pelajar Pancasila. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Profil Pelajar Pancasila: Pedoman pengembangan pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbud.

Lickona, T. (1991). Educating for character: Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Liu, Y., & Pásztor, A. (2022). Effects of problem-based learning instructional intervention on critical thinking in higher education: A meta-analysis. Thinking Skills and Creativity, 45(June), 1–21. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101069

Mariani, T., Lubis, M. J., & Hutagalung, S. M. (2025). Utilization of Canva infographics to improve learning outcomes of procedure texts. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.59653/ijmars.v3i01.1177

Masriah, S. U., & Utomo, S. (2023). The influence of problem-based learning model on mathematics learning outcomes in elementary school students. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2733(1), 247–255. https://doi.org/10.1063/5.0140515

Nurdin, N., & M, M. (2020). Pendidikan karakter berbasis kepedulian sosial. Jurnal Pendidikan dan Pembangunan, 24(2), 147–159.

Sarjono, H., Rif’at, M., & Sitampul, S. S. (2022). Pengembangan model problem-based learning menggunakan metode Thiagarajan untuk pemahaman gerak. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 12(1), 112–122.

Ramli, R., Sakti, I., Basri, S., Idamyanti, R., & Yusdarina, Y. (2024). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal pada peserta didik kelas X di SMAN 4 Maros. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 7(1), 34–42. https://doi.org/10.46918/karst.v7i1.2266

Robert, J., & Gregory, A. (2000). Psychological testing: History, principles, and applications. Boston: Allyn and Bacon.

Sari, W. P., Sundari, P. D., & Dewi, W. S. (2023). Systematic literature review: Efektivitas peningkatan hasil belajar fisika melalui model pembelajaran problem-based learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16827–16837.

Supradaka, S. (2022). Pemanfaatan Canva sebagai media perancangan grafis. Ikraith-Teknologi, 6(74), 62–68.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Karakter (PBL-NK) dengan Pendukung Media Digital Canva pada Materi Fisika. (2025). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 8(1), 22-32. https://doi.org/10.46918/6jv53073