Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Karakter (PBL-NK) dengan Pendukung Media Digital Canva pada Materi Fisika
DOI:
https://doi.org/10.46918/6jv53073Keywords:
canva, phisycs, physics, teaching module, character values, PBL-NKAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul ajar fisika berbasis PBL-NK yang valid dan didukung media digital Canva. Penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, namun dibatasi pada tiga tahap awal: analisis, desain, dan pengembangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan lembar validasi. Observasi dan wawancara digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan guru dan peserta didik, sedangkan lembar validasi menilai aspek isi, bahasa, penyajian, integrasi nilai karakter, dan penggunaan media Canva. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik Gregory, sementara data kualitatif dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis PBL-NK dengan dukungan media digital Canva dinyatakan valid berdasarkan penilaian para ahli, serta berpotensi untuk digunakan sebagai inovasi pembelajaran yang selaras dengan Kurikulum Merdeka.
References
Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., Maya, S., Aisyah, S., & Sakti, I. (2023). Peningkatan kemampuan literasi digital di lingkungan pendidikan berbasis aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 96–103. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65
Basri, S., Ibrahim, M. M., & Shabir, M. U. (2025). PBL model experiment with character value approach to improve cognitive, affective, and psychomotor competencies in physics learning. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 295-306.https://doi.org/10.59653/ijmars.v3i01.1432
Basri, S., Ibrahim, M. M., Yuspiani, Y., Shabir, M. U., & Sakka, A. R. (n.d.). Development of integrated PBL model of character values using ADDIE to improve physics learning outcomes. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 54(62), 5442–5454.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. London: Springer.
Direktorat Sekolah Dasar. (2024). Profil Pelajar Pancasila. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Profil Pelajar Pancasila: Pedoman pengembangan pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbud.
Lickona, T. (1991). Educating for character: Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Liu, Y., & Pásztor, A. (2022). Effects of problem-based learning instructional intervention on critical thinking in higher education: A meta-analysis. Thinking Skills and Creativity, 45(June), 1–21. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101069
Mariani, T., Lubis, M. J., & Hutagalung, S. M. (2025). Utilization of Canva infographics to improve learning outcomes of procedure texts. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.59653/ijmars.v3i01.1177
Masriah, S. U., & Utomo, S. (2023). The influence of problem-based learning model on mathematics learning outcomes in elementary school students. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2733(1), 247–255. https://doi.org/10.1063/5.0140515
Nurdin, N., & M, M. (2020). Pendidikan karakter berbasis kepedulian sosial. Jurnal Pendidikan dan Pembangunan, 24(2), 147–159.
Sarjono, H., Rif’at, M., & Sitampul, S. S. (2022). Pengembangan model problem-based learning menggunakan metode Thiagarajan untuk pemahaman gerak. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 12(1), 112–122.
Ramli, R., Sakti, I., Basri, S., Idamyanti, R., & Yusdarina, Y. (2024). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal pada peserta didik kelas X di SMAN 4 Maros. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 7(1), 34–42. https://doi.org/10.46918/karst.v7i1.2266
Robert, J., & Gregory, A. (2000). Psychological testing: History, principles, and applications. Boston: Allyn and Bacon.
Sari, W. P., Sundari, P. D., & Dewi, W. S. (2023). Systematic literature review: Efektivitas peningkatan hasil belajar fisika melalui model pembelajaran problem-based learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16827–16837.
Supradaka, S. (2022). Pemanfaatan Canva sebagai media perancangan grafis. Ikraith-Teknologi, 6(74), 62–68.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syamsuriana Basri, Misykat Malik Ibrahim, Muhammad Shabir U, Yuspiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.