Pengembangan Modul Ajar Fisika Usaha dan Pesawat Sederhana pada Fase D Kelas VIII menggunakan Model Assure

Authors

  • Devitria Anwar Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Masri Kudrat Umar Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Ritin Uloli Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Trisnawaty Junus Buhungo Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46918/v6nwsb40

Keywords:

assure; efektivitas; hasil belajar; modul ajar; usaha dan pesawat sederhana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar fisika pada materi usaha dan pesawat sederhana untuk siswa kelas VIII fase D menggunakan model ASSURE. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ASSURE yang mencakup enam tahapan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli, angket respons guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,9 dan ahli media 3,7, yang mengindikasikan bahwa modul tergolong sangat valid. Uji kepraktisan menunjukkan skor rata-rata 94,29% dari guru dan 91,03% dari siswa, termasuk dalam kategori sangat praktis. Sementara itu, hasil uji efektivitas menunjukkan peningkatan hasil belajar secara signifikan, dengan rata-rata nilai posttest mencapai 84, dan nilai posttest sebesar 0,71 dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, modul ajar fisika berbasis model ASSURE dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

References

Maclinton, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran prisma berbasis Macromedia Flash dengan desain pembelajaran ASSURE. Inovasi Matematika (Inomatika), 4(1), 83–97.

Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Mulyani, H., & Insani, M. N. (2023). Kompetensi guru sekolah penggerak dalam menyusun modul ajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.95

Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan keterampilan penyusunan modul ajar dan modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka pada guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047

Pujiastuti, R., & Retnosari, I. E. (2024). Pengembangan modul ajar berdiferensiasi dengan model ASSURE pada mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 134–148. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.442

Purnomo, B. (2014). Kelayakan perangkat pembelajaran fisika berbasis kontekstual untuk SMA. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 14(2), 89–96.

Restiani, D. A., & Wahyudi, M. (2024). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis Android pada materi pesawat sederhana menggunakan Adobe Animate. CAHAYA: Journal of Research on Science Education, 2(1), 50–69. https://doi.org/10.70115/cahaya.v2i1.32

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Salsabilla, N. S., & Nurhalim, M. (2024). Pengembangan modul ajar Kurikulum Merdeka mata pelajaran IPAS. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 7(1).

Siung, M., Nasar, A., & Ngapa, Y. S. D. (2023). Pengembangan modul ajar dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar fisika materi analisis gerak dengan vektor. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 226–238.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto, M. P. (2024). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Ulfa, S., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). Pengembangan modul ajar fisika Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 7(1), 51–59. https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.562

Wandira, A., Ali, L. U., & Septiana, Y. (2023). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbantuan PheT berbasis inkuiri pada materi usaha dan energi kelas X SMA Negeri 1 Gerung Lombok Barat. CAHAYA: Journal of Research on Science Education, 1(1), 25–41. https://doi.org/10.70115/cahaya.v1i1.34

Wismawan, K. H., Sugihartini, N., & Kesiman, M. W. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran ASSURE menggunakan media Rumah Belajar dalam upaya meningkatkan hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(3), 130–138. https://doi.org/10.23887/ijnse.v3i3.24148

Yolanda, Y. (2021). Pengembangan modul ajar fisika termodinamika berbasis kontekstual. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(3), 80–95. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i03.12

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Pengembangan Modul Ajar Fisika Usaha dan Pesawat Sederhana pada Fase D Kelas VIII menggunakan Model Assure. (2025). Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 8(1), 60-68. https://doi.org/10.46918/v6nwsb40