Pengembangan Modul Ajar Fisika Usaha dan Pesawat Sederhana pada Fase D Kelas VIII menggunakan Model Assure
DOI:
https://doi.org/10.46918/v6nwsb40Keywords:
assure; efektivitas; hasil belajar; modul ajar; usaha dan pesawat sederhanaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar fisika pada materi usaha dan pesawat sederhana untuk siswa kelas VIII fase D menggunakan model ASSURE. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ASSURE yang mencakup enam tahapan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli, angket respons guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,9 dan ahli media 3,7, yang mengindikasikan bahwa modul tergolong sangat valid. Uji kepraktisan menunjukkan skor rata-rata 94,29% dari guru dan 91,03% dari siswa, termasuk dalam kategori sangat praktis. Sementara itu, hasil uji efektivitas menunjukkan peningkatan hasil belajar secara signifikan, dengan rata-rata nilai posttest mencapai 84, dan nilai posttest sebesar 0,71 dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, modul ajar fisika berbasis model ASSURE dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
References
Maclinton, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran prisma berbasis Macromedia Flash dengan desain pembelajaran ASSURE. Inovasi Matematika (Inomatika), 4(1), 83–97.
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Mulyani, H., & Insani, M. N. (2023). Kompetensi guru sekolah penggerak dalam menyusun modul ajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.95
Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan keterampilan penyusunan modul ajar dan modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka pada guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047
Pujiastuti, R., & Retnosari, I. E. (2024). Pengembangan modul ajar berdiferensiasi dengan model ASSURE pada mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 134–148. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.442
Purnomo, B. (2014). Kelayakan perangkat pembelajaran fisika berbasis kontekstual untuk SMA. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 14(2), 89–96.
Restiani, D. A., & Wahyudi, M. (2024). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis Android pada materi pesawat sederhana menggunakan Adobe Animate. CAHAYA: Journal of Research on Science Education, 2(1), 50–69. https://doi.org/10.70115/cahaya.v2i1.32
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Salsabilla, N. S., & Nurhalim, M. (2024). Pengembangan modul ajar Kurikulum Merdeka mata pelajaran IPAS. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 7(1).
Siung, M., Nasar, A., & Ngapa, Y. S. D. (2023). Pengembangan modul ajar dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar fisika materi analisis gerak dengan vektor. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 226–238.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto, M. P. (2024). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Ulfa, S., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). Pengembangan modul ajar fisika Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 7(1), 51–59. https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.562
Wandira, A., Ali, L. U., & Septiana, Y. (2023). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbantuan PheT berbasis inkuiri pada materi usaha dan energi kelas X SMA Negeri 1 Gerung Lombok Barat. CAHAYA: Journal of Research on Science Education, 1(1), 25–41. https://doi.org/10.70115/cahaya.v1i1.34
Wismawan, K. H., Sugihartini, N., & Kesiman, M. W. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran ASSURE menggunakan media Rumah Belajar dalam upaya meningkatkan hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(3), 130–138. https://doi.org/10.23887/ijnse.v3i3.24148
Yolanda, Y. (2021). Pengembangan modul ajar fisika termodinamika berbasis kontekstual. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(3), 80–95. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i03.12
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Devitria Anwar, Masri Kudrat Umar, Ritin Uloli, Trisnawaty Junus Buhungo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, adalah Jurnal Akses Terbuka (Open Access Journal). Penulis yang menerbitkan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.