Implementasi Model Pembelajaran Cooverative Integrated Reading and Compotition dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Bontoala I
DOI:
https://doi.org/10.46918/idiomatik.v7i2.2587Keywords:
Implementasi, Cooperative Integrated Reading and Compotition, Hasil Belajar Bahasa IndonesiaAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC), (2) untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) pada pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Inpres Bontoala I. Penelitian ini dilakukan II siklus, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Berdasarkan tes awal (Pra tindakan) persentase ketuntasan klasikalnya diperoleh 0% orang. Setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC), tes hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan klasikalnya 27,27% (6 orang), sedangkan pada siklus II diperoleh hasil belajar dengan ketuntasan klasikalnya 81,81% (18 orang). Sehingga disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) materi puisi pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Inpres Bontoala I.
References
Aqib, Zainal. 2003. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Apriyani, Zulaikha. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas IV SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Dewi, Ayu Prasiska. 2017. Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Snowball Throwing pada Pelajaran PKN di Kelas V Materi Mendeskripsikan Pengertian Organisasi di MIS Islamiyah.
Diskpora Admin. 2016. “Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif.” https://disdikpora.bulelengkap.go.id/informasi/detail/artikel/langkah-langkah-pembelajaran-kooperatif. Diakses tanggal 15 November 2021 pukul 08:30.
Halimah, Andi. 2014. “Metode Cooperative Reading Composition.” https://docplayer.info/3171918-metode-cooperative-integrated-reading-composition-circ-dalam-pembelajaran-membaca-dan-menulis. Diakses tanggal 14 November 2021 pukul 19:45.
Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.
Kesowo, Bambang. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan. https://luk.staff.ugm.ac.id. Diakses pada 16 Desember 2021 pukul 17:51.
Kurniasilmas, Sani Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran.
Mulyono, Abdulrahman. 2009. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar.
Windiani, R. 2006. “Definisi Pembelajaran.” https://reposytory.unpas.ac.id. Diakses pada tanggal 14 November 2021 pukul 17:21.
Rosdiana, A. Bakar. 2012. Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.
Skripsi Tesis. 2019. “Langkah Pembelajaran CIRC.” https://idtesis.com/metode-pembelajaran-cooperative-integrated. Diakses tanggal 16 Desember 2021 pukul 19:08.
Sastri, R. 2020. “Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa.” https://adrisoesilio.blogspot.com/2014/10/faktor-yang-mempengaruhi-hasil-belajar-siswa.html. Diakses tanggal 8 Desember 2021 pukul 11:30.
Suharni. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Metode Permainan Tebak Gambar pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bontolangkasa Kabupaten Pangkep.
Tukiran, Taniredja, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tri Herdian Syah Alimuddin, Aryanti, Rahmawati H.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.