Efektivitas Pembelajaran Online Dengan Media Google Classroom Di SMK Negeri 1 Maros Pada Masa Pandemi

  • Riawan Saputri Awaluddin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muslim Maros
  • Aryanti Aryanti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muslim Maros
Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Google Classroom, Pembelajaran Online, Masa Pandemi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara dengan guru dan juga murid di SMK Negeri 1 Maros yang mana mereka menggunakan aplikasi google classroom sebagai aplikasi untuk membantu para pendidik dan juga murid dalam pembelajaran online pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian memilih murid dan guru sebagai informan penelitian yang mana guru dan murid tersebut menggunakan google classroom pada pembelajaran online di SMK Negeri 1 Maros. Objek penelitian ini adalah pembelajaran online menggunakan aplikasi google classroom di SMK Negeri 1 Maros. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa penggunaan aplikasi google classroom di masa pandemi sekarang tidak terlalu efektif hanya saja cukup membantu para guru dan murid dalam pembelajaran.

References

Abidin., dkk. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal Of Education, Vol. 1, No. 1, Hal. 131-146.

Agaheni. (2020). Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya Vol. 8, No. 2, Hal. 99-108.

Anshori, dkk. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran di MTs Al-Asyhar Bungah Gresik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 3, No. 02, Hal. 1-19.

Banart & Martiani. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa Penjas Menggunakan Media Google Classroom Melalui Hybrid Learning pada Pembelajaran Profesi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal teknologi pendidikan. Vol. 13, No. 2, Hal. 119-125.

Belawati. (2020). Pembelajaran Online. Banten: Universitas Terbuka.

Diplan & Alkindi. (2020). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning (Google Classroom). NERACA. Vol. 5, No. 2, Hal. 27-32.

Ernawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMAN 1 Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Firman, Rahman. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. IJES, Vol. 02, No. 02, Hal. 81-89.

Fitriyana. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Internet Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Kelas X IPS SMAN 1 JORONG. Skripsi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Haq. (2017). Komunikasi Interpersonal Antara Wali Asrama Dengan Siswi Sebagai Upaya Pemecahan Konflik. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Harian. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Di MTS Yapi. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Isna Normalita Sari. (2019). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Google Classroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Khairunnisa. (2020). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Maharjono. (2020). Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Ide Guru. Vol. 5, No. 1, Hal. 56-63.

Marasmita. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Nogosari. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ningrum. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Google Classroom Era Pandemi Covid-19 Materi Tata Surya pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan Vol. 1, No. 1, Hal. 24-44.

Perdana. (2020). Memberdayakan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Studi Kasus Refleksi Pembelajaran Jarak Jauh Oleh Para Pelajar Vol. 2, No. 2, Hal. 1-21

Sarini. (2007). Aplikasi E-learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Satrianingrum & Prasetyo. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 5, No. 1, Hal. 633-640.

Simangunsong. (2020). Efektivitas Pembelajaran Web Menggunakan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas X SMA RK Bintang Timur Rantauprapat Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Medan: Universitas HKBP Nommensen.

Siregar. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Google Classroom Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Transformasi di Kelas XI SMA Swasta HKBP Sidorame Medan T.A. 2020/2021. Skripsi. Medan: Universitas HKBP Nommensen.

Sukmawati. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Proses Pembelajaran Online Industri 4.0. Jurnal Kreatif Online. Vol. 8, No. 1, Hal. 1-30.

Tria. (2014). Studi Deskriptif Pengelolaan Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Pendekatan Scientific di Kelas VI SDN 81 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Ventura. (2017). Strategi Implementasi Nilai Kejujuran, Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Skripsi. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Yudha & Herzamzam. (2020). Learning Mathematics In Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 8, No. 2, Hal. 1-15.

Published
2023-01-30
How to Cite
Awaluddin, R. S., & Aryanti, A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Online Dengan Media Google Classroom Di SMK Negeri 1 Maros Pada Masa Pandemi. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 83-90. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v5i2.1642