Peningkatan Pemahaman Konsep Geometri melalui Pembelajaran Berbasis GeoGebra pada Peserta Didik

Authors

  • Nur Aisyah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Maros
  • Nirfayanti Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Maros https://orcid.org/0000-0002-4884-1162
  • Dedy Setyawan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.46918/equals.v8i1.2988

Keywords:

GeoGebra, Geometry, Conceptual , Understanding, Interactive Visualization

Abstract

Memahami konsep geometri merupakan salah satu tantangan utama dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah menengah pertama, karena materi ini bersifat abstrak dan memerlukan kemampuan visualisasi serta penalaran spasial. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran berbasis GeoGebra dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen non-equivalent control group, melibatkan kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen (21 siswa) dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol (20 siswa). Instrumen penelitian terdiri atas tes pemahaman konsep dan angket respons siswa, sedangkan analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, N-Gain, uji-t independen, dan uji Mann-Whitney dengan bantuan perangkat lunak JASP versi 0.19.3. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,804 dibandingkan 0,636 pada kelas kontrol, nilai t sebesar 3,474, p < 0,001, dan ukuran efek (effect size) sebesar 1,027. Selain itu, 82% siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan GeoGebra. Temuan ini menegaskan bahwa GeoGebra tidak hanya secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep geometri, tetapi juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Keunikan penelitian ini terletak pada penerapan GeoGebra untuk visualisasi dinamis objek dua dan tiga dimensi, yang memperkuat hubungan antara representasi visual dan logika formal, sehingga memberikan wawasan baru bagi strategi pembelajaran matematika.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449–460. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1119

Alit, N. G. (2016). Pemanfaatan program GeoGebra mampu meningkatkan pemahaman grafik fungsi kuadrat siswa SMA Negeri 1 Singaraja.

Aliu, E. R., Jusufi Zenku, T., Iseni, E., & Rexhepi, S. (2025). The advantage of using GeoGebra in the understanding of vectors and comparison with the classical method. International Electronic Journal of Mathematics Education , 20(2). https://doi.org/10.29333/iejme/16007

Bruner, J. S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Harvard University Press.

Gusteti, M., Rahmalina, W., Wulandari, S., Azmi, K., Mulyati, A., Hayati, R., Gustina, R., & Nor Cahyati, V. (2025). GeoGebra Augmented Reality: An Innovation in Improving Students’ Mathematical Problem-Solving Skills. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 13(3), 584–596. https://doi.org/10.46328/ijemst.4872

Hidayat, R., Noor, W. N. W. M., Nasir, N., & Ayub, A. F. M. (2024). the Role of Geogebra Software in Conceptual Understanding and Engagement Among Secondary School Student. Infinity Journal, 13(2), 317–331. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i2.p317-332

Jabnabillah, F., & Reza Fahlevi, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Geogebra Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 983–990. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.15262

Julita, J., Sucipto, L., & Nasrullah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Geogebra Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Dimensi 3. Journal of Math Tadris, 2(1), 19–28. https://doi.org/10.55099/jurmat.v2i1.38

Magdalena, R., & Angela Krisanti, M. (2019). Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk. Jurnal Tekno, 16(2), 35–48. https://doi.org/10.33557/jtekno.v16i1.623

Nuraini, L., Nur’aeni L, E., & Ganda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Van Hiele terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 395–403. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.35348

Raga, M. E., Saragih, I. L., Riski, N., & Anggoro, A. Y. (2024). Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi GeoGebra dalam Meningkatkan Pemahaman Kesebangunan Segitiga di Tingkat SMP. 449–462.

Sati, L., Firdaus, R., & Herpratiwi, H. (2024). Efektivitas Penggunaan Software GeoGebra dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri pada Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Didaktika, 4(4), 404–414. https://doi.org/10.17509/didaktika.v4i4.76704

Subandi, I., Atiqoh, & Hartono. (2025). Pengaruh Penggunaan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIIIA SMP YPPI 3 Surabaya. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i1.1170

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis (T. Fiktorius (ed.)). KLIK MEDIA.

Published

27-06-2025

How to Cite

Nur Aisyah, Nirfayanti, & Dedy Setyawan. (2025). Peningkatan Pemahaman Konsep Geometri melalui Pembelajaran Berbasis GeoGebra pada Peserta Didik. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 81-88. https://doi.org/10.46918/equals.v8i1.2988