Menumbuhkan Karakter Mathpreneur melalui Pembelajaran Metode Walking Gallery
DOI:
https://doi.org/10.46918/equals.v7i2.2426Keywords:
Karakter Mathpreneur, Metode, Walking GalleryAbstract
Karakter mathprneur masih memerlukan pengembangan dari segi implementasinya khususnya dalam proses pembelajaran, sehingga tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Walking Gallery dalam menumbuhkan karakter mathpreneur. Penelitian ini mengacu pada penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek yang dipilih secara purposive berdasarkan kelompok mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah kewirausahaan. Subjek penelitian sebanyak 12 mahasiswa pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berasal dari Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan diperoleh temuan bahwa dengan adanya metode Walking Gallery yang digunakan dapat menumbuhkan karakter mathpreneur pada mahasiswa. Karakter mathpreneur yang diperoleh oleh mahasiswa sebagai dampak pelaksanaan metode Walking Gallery yaitu optimis, percaya diri, kemampuan mengenali peluang, berkomitmen, komunikatif dalam menjelaskan produk wirausaha, kreatif dan inovatif, serta bekerja keras dan memotivasi orang lain. Penerapan karakter tersebut juga telah dituangkan pada suatu karya dalam sebuah pameran wirausaha.
References
Cathrin, S., & Wikandaru, R. (2023). The Future of Character Education in the Area of Artificial Intelligence. Humanika: Jurnal Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 23(1). 91-100. https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.59741
Cathrin, S., & Wikandaru, R. (2023). The Future of Character Education in the Area of Artificial Intelligence. Humanika: Jurnal Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 23(1). 91-100. https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.59741.
Cruz, R.O.D., & Lopez, M. K.R.R. (2022). Gallery Walk Technique in Enhancing Reading Comprehension and Oral English Language Proficiency of Junior High School Students. Waikato Journal of Education. 27(3). 57-71. https://doi.org/10.15663/wje.v27i3.813.
Duan, Y., & Ahmad, A. C. (2024). Research on Enterpreneurship Education of College Students. Journal of Education and Educational Research. 7(1). 259-262. https://doi.org/10.54097/rcm09727.
Makmun, M., Yin, K.Y., & Zakariya, Z. (2020). The Gallery Walk Teaching and Learning and Its Potential Impact on Students’Interest and Performance. International Business Education Journal. 13(1). 17-22. https://doi.org/10.37134/ibej.vol13.1.2.2020.
Mulyati, Y., Darhim., Turmudi., & Rahmat, D. (2021). Karakter Mathpreneur Mahasiswa Pendidikan Matematika melalui Mathematical Learning Object Berbasis Blended Pictorial Abstrak. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 7(2). 99-108. https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.99-108.
Namaziandost, E., Esfahani, F.R., Nasri, M., & Mirshekaran, R. (2018). The Effect of Gallery Walk Technique on Pre-Itermediate EFL Learners’ Speaking Skill. Language Teaching Research Quarterly. 8. 1-15. https://doi.org/10.32038/ltrq.2018.08.01.
Palmer, H., & Johnsson, M. (2018). Combining Enterpreneurship and Mathmatics in Primary School-What Happens?. Education Inquiry. 9(4), 331-346. https://doi.org/10.1080/20004508.2018.1461497
Putri, A.D., Kurniati, W., & Rigianti, H.A. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Gallery Walk untuk Meningkatkan Kerja Sama Pada Pembelajaran Pancasila Kelas V. Borobudur Educational Review. 4(1). 61-71. https://doi.org/10.31603/bdr.11478.
Prihaswati, M., & Astuti, A.P. (2016). Profil Mathematic Teacherpreneur pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Karya Pendidikan Matematika. 3(2).9-14. https://doi.org/10.26714/jkpm.3.2.2016.%25p.
Ridwan, M. (2019). Gallery Walk: An Alternative Learning Strategy in Increasing Students’ Active Learning. NADY AL-ADAB: Jurnal Bahasa Arab. 16(1). 49-63. https://doi.org/10.20956/jna.v16i1.6662.
Rudianto, R. (2023). Model Pembelajaran Gallery Walk dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. JTIEE: Journal of Teaching in Elementary ducatiuon. 7(2). 97-107. https://doi.org/10.30587/jtiee.v7i2.
Sarkar, D., & Sarmah, A.K. (2024). Analyzing the Nexus Between Enterpreneurship and Business Mathematics – A Comprehensive Study on Strategic Decision-Making, Financial Modeling, and Risk Assesment in Small and Medium Enterprises (SMEs). International Journal of Research and Review. 11(2). 40-51. https://doi.org/10.52403/ijrr.20240206.
Sukatin., Munawwaroh, S., Emilia., & Sulistyowati. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Anwarul: Jurnal Pendidikan dan Dakwah. 3(5). 1044-1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457
Turmuzi, M., Sudiarta, I.G.P., & Surtajaya, I.M. (2022). Menumbuhkan jiwa kewirausahaan Melalui Pembelajaran Matematika Materi Aritmetika Sosial Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(2). 1978-1994. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1419.
Vale, I.P., & Barbosa, A. (2020). Gallery Walk: Uma Estrategia Ativa Para Resolver Problemas Com Multiplas Solucoes. Revista de Educacao Matematica. [s.l.], v.17. p.e020018, 2020. https://doi.org/10.37001/remat25269062v17id260.
Zhang, R., Pang, L., & Qin, Y. (2023). Research Requirments on the Influence of Career Planning and Innovation and Enterpreneurship Course on College Students’ Willingness to Start a Business. Contemporary Education and Teaching Research. 4(08). 338-343. https://doi.org/10.61360/BoniCETR232014250802.
Zhu, X., Hsia, C.H. & Sun, H. (2023). Research on University Enterpreneurship Education in the Context of “Mass Enterpreneurship nd Innovation”. The 3rd International Conference on Electrical and Electronic Engineering, Design, Communication and Artificial Intelligence (EEDCAI 2023). Electrical and Electronic Engineering Researh. Vol 3. 134-141. https://doi.org/10.37420/j.eeer.2023.010.