Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Siter Didukung Platform GeoGebra Materi Barisan Aritmatika
DOI:
https://doi.org/10.46918/equals.v7i2.2268Keywords:
Bahan Ajar, Etnomatematika, Geogebra, Barisan Aritmatika, ADDIEAbstract
Pembelajaran matematika yang kurang relevan dan kurang memanfaatkan teknologi dapat menjadi salah satu penyebab siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep.
Untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengambangkan bahan ajar dengan konteks Etnomatematika disertai adanya penggunaan teknologi seperti GeoGebra. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar dengan konteks yang dekat siswa dengan pendekatan etnomatematika siter serta penggunaan teknologi GeoGebra untuk mendukung aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian merupakan Research and Development (RnD) dengan tipe ADDIE. ADDIE merupakan model pengembangan yang terdiri dari Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data pada penelitian ini dengan studi literatur dan pemberian angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat validasi dari berbagai aspek menunjukkan persentase sebagai berikut: desain kulit bahan ajar (66,67%), desain isi (91,43%), kelayakan isi (92,5%), kelayakan kebahasaan (84%), penyajian (85%), dan aspek etnomatematika (100%). Secara keseluruhan, bahan ajar mendapatkan rata-rata validitas sebesar 86,66%, yang menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut masuk dalam kategori valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.
References
Abdillah, Mahsup, Aulia, H., Agustina, & Supardi. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah. Abdimas Mandalika, 4(1), 40–47. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/am.v4i1.26286
Ardiningtyas, M., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2023). Penerapan Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas: Studi Kasus di Sekolah SMA Negeri 3 Medan. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.59086/jkip.v2i2.294
Ayuningrum, Mabruroh, & Sari Dewi, R. (2023). Analisis Bahan Ajar Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(01).
Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Research Policy, 9(2).
Hartati, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Memahami Materi Barisan dan Deret. SUPERMAT (Jurnal Pendidikan Matematika), 5(2). https://doi.org/10.33627/sm.v5i2.728
Hermawan, S.Pd., M.Pd., D., & S.Pd., S. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(1). https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.125
Hidayah, N., & Ami, M. S. (2021). Validasi Ahli Terhadap Koleksi Herbarium Tumbuhan yang Digunakan dalam Upacara Adat Tedhak Siti di Kabupaten Jombang. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.52434/jkpi.v1i2.1175
Isnaini, A., & Surya, E. (2017). Penggunaan Kobar Dago untuk Peningkatan Kemampuan Visual Thinking dalam Materi Barisan Aritmatika. In Jurnal Riset Pendidikan Matematika.
Krismonita, M. D., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2). https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24327
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2).
Mei, M. F., Seto, S. B., & Tupen, S. N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Konstekstual Berbasis Etnomatematika Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Sikap Disiplin. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4227
Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7).
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131
Qoriah, Y., Sumarno, & Umamah, N. (2017). The Development Prehistoric of Jember Tourism Module Using Dick and Carey Model. Jurnal Historica, 1(1).
Rahmadi, A. Z., Sari, N. P., Juliana, S., & Rahman, B. (2015). Studi Literatur : Pembelajaran Matematika Menggunakan GeoGebra dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.
Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. Prisma, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212
Soedarbe, Y., Arreza, D., & Adriantoro, A. A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Kecapi Siter. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 144–151. https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3344
Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28.
Umar, N., & Wiguna, W. (2020). Gamifikasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar Negeri Sindangmulya II. EProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 1(1).
Wicaksono, K. A. D., Handayanto, A., & Happy, N. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantu Media Powerpoint untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Program Linear. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6). https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6668