Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Spasial Siswa

Authors

  • Sugian Nurwijaya Pendidikan Matematika, PSDKU Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.46918/equals.v5i2.1563

Keywords:

Problem Based Learning, Augmented Reality, Kemampuan Spasial

Abstract

Pengembangan kemampuan spasial menjadi salah satu tujuan utama pendidikan matematika di seluruh dunia, dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi, oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan pembelajaran berbantuan augmented reality terhadap kemampuan spasial siswa SMA Negeri 6 Ambon. Kemampuan spasial dapat bermanfaat untuk memvisualisasikan dan menganalisis informasi tentang permasalahan yang berkaitan dengan geometri. Populasi pada riset ini yaitu semua siswa kelas X SMA Negeri 6 Ambon yang terdiri dari 5 kelas. Selanjutnya sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA2 dan kelas X MIPA1 yang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes kemampuan spasial yang berupa tes uraian. Analisis Statistik Deskriptif dan statistik inferensial digunakan untuk menganalisis data penelitian ini. Hasil riset ini dengan statistik deskriptif didapatkan yaitu: 1) Rerata pretest kelas eksperimen sebesar 57,16 sedangkan rerata posttest kelas eksperimen sebesar 84,33; 2) rerata pretest kelas kontrol sebesar 41,50 sedangkan rerata posttest kelas kontrol sebesar 62,16; 3) hasil kemampuan spasial mengalami peningkatan dilihat dari nilai N-Gain kelas kontrol dengan kelas eksperimen sebesar 0,63 termasuk pada kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh hasil analisis p<0,05 pada taraf signifikan 5% yang berarti ada perbedaan rerata skor kemampuan spasial siswa pada kedua kelas. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan augmented reality terhadap kemampuan spasial siswa.

References

Ariani, Y., Johar, R., & Marwan, M. (2020). Penggunaan Software Cabri 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Peluang, 7(2), 11–21. https://doi.org/10.24815/jp.v7i2.13695

Darmawan, A., Syahputra, E., & Fauzi, K. (2020). The Effect of Islamic Oriented Problem based learning towards Spatial Ability and Self-Regulated Learning of Madrasah Aliyah Students. American Journal of Educational Research, 8(1), 51–57. https://doi.org/10.12691/education-8-1-8

Fitri, W. O., & Ibrahim, H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial Melalui Kegiatan Bermain Bongkar Pasang Puzzle Logika. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 2(1), 70–76.

Hendriana, B., Nuriadin, I., & Rachmaeni, L. (2019). Pengaruh Model Brain-Based Learning Berbantuan Augmented reality Terhadap Kemampuan Spasial Matematis Siswa (The Influence of Brain-Based Learning Model With Augmented reality On Student’s Ability of Spatial Mathematics). Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 4(1), 18–28.

Hodiyanto, H. (2018). Kemampuan Spasial Sebagai Prediktor Terhadap Prestasi Belajar Geometri Mahasiswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 59–65. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.364

Jelatu, S., Mandur, K., Jundu, R., & Kurniawan, Y. (2018). Relasi Antara Visualisasi Spasial dan Orientasi Spasial Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Ruang. Journal of Songke Math, 1(1), 47–59.

Kurniawati, Evi. (2020). Efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan berpikir spasial siswa mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang. Repository Universitas Negeri Malang.

Mustika, dkk. (2015). Implementasi Augmented reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. CITEC JOURNAL, 2(4), 277-291

Risma, D.A., Putri, R.I.I., & Hartono, Y. (2013). On Developing Students’ Spatial Visualization Ability. International Education Studies. 6(9), 1.

Safitri, Duwik. (2018). Profil Pemahaman Geometri Van Hiele Level Visualisasi Pada Siswa Kelas III SDN Sumput Sidoarjo. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Sugiarni, R., Alghifari, E., & Ifanda, A. R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93–102.https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no1.2018pp93-102

Sugian, N. (2018). Hubungan Manajemen Diri Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Watampone Kabupaten Bone. DIDAKTIKA jurnal kependidikan IAIN Bone. Volume 12, 88-102

Syafitri, R., Suzana, Y., & Risdianto, H. (2018). Pengaruh Software Augmented Reality pada Siswa Bergaya Visual di SMP Negeri 8 Langsa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 30–36.

Downloads

Published

15-12-2022

How to Cite

Nurwijaya, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Spasial Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 107-116. https://doi.org/10.46918/equals.v5i2.1563