PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MIKROBIOLOGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

  • Warda Murti Universitas Muslim Maros
Keywords: Kebiasaan Belajar, Mikrobiologi, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Mikrobiologi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi Universitas Muslim Maros yang berjumlah 210 mahasiswa, sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 84 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data variabel kebiasaan belajar menggunakan angket sedangkan untuk data prestasi belajar Biologi menggunakan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis mengunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mikrobiologi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros. Hal ini dibuktikan dengan nilai Signifikan (Sig.) lebih kecil dari alpha (0,001 < 0,05) dan nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,356 > 1,989) pada taraf signifikansi 5%. Besarnya sumbangsih Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar yaitu sebesar 12,1%.

References

Ali, Alimuddin. 2005. Mikrobiologi Dasar Jilid 1. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka

Djaali. 2014. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ernawati, E., & Nasir, A. M. 2018. Efektivitas Metode Pembelajaran Socrates Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Statistik Dasar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2).

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi analisis statistik multivariate dengan program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Nasir, A. Muhajir. 2016. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Sayfudin, Muhammad Nur. 2015. Pengaruh kebiasaan dalam belajar dan sikap siswa pada pelajaran terhadap prestasi belajar Mekanika Teknik siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sudjana, Nana. 2014. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Published
2018-09-10
How to Cite
Murti, W. (2018). PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MIKROBIOLOGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUSLIM MAROS. Jurnal Binomial, 1(1), 50-65. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/173